Beranda · Aplikasi · Games · Gadget · Info · Tips · Trik · Theme · Berita · Daftar Isi · Contact Me ·

Cara Melakukan Partisi MicroSD Di Android



Di artikel Ilmu-Android ini, saya akan membahas tentang cara melakukan partisi sd card / microSD pada smartphone Android anda.

Apa itu Partisi ?

Partisi adalah pengelolaan/pembagian penyimpanan data. Nah yang dibahas kali ini adalah cara partisi sd card. Secara default, sd card yang kita beli hanya memiliki 1 buah partisi yakni fat32. Dengan melakukan partisi pada sd card, kita bisa membaginya menjadi  3 buah partisi yakni fat32, ext2, dan Linux Swap

Apa kegunaan Partisi ?

Partisi pada sd card digunakan untuk meringankan memory internal. Beberapa smartphone Android seperti Galaxy Mini, Galaxy Young, Sony Ericsson Xperia X8, dan lain-lain memiliki memory internal yang kecil. Perlu kalian ketahui, setiap kita menginstal aplikasi walaupun diinstal di sd card, pasti memory internal akan bertambah sehingga  kita tidak bisa menginstal banyak aplikasi. Maka dari itu, perlu dilakukan partisi pada sd card.

====================================================================

Secara umum, partisi pada sd card dibuat 3 buah partisi yakni fat32, ext2, dan linux swap. Fat32 berguna untuk menyimpan data seperti lagu-lagu mp3, video, foto, dokumen, dan lain-lain. Ext2 berguna untuk tempat menginstal aplikasi, ext2 boleh dikatakan sebagai memory internal kedua, nah partisi ext2 ini digunakan ketika kita akan memindah aplikasi yang ada di memory internal ke sd card secara paksa. Pemindahan ini harus menggunakan aplikasi link2sd yang dapat diinstal apabila smartphone Androidmu telah di rootLinux swap sendiri merupakan partisi yang digunakan untuk membantu kinerja RAM. Partisi ini dipakai apabila smartphone Androidmu memiliki RAM yang kecil.

=====================================================================

WARNING !!!
Sebelum melakukan partisi pada sd card, pastikan anda telah memindah data-data pada sd card ke komputer. Karena ketika melakukan partisi, data-data pada sd card anda akan terhapus

=====================================================================

Cara melakukan partisi microsd di Android
1)   Download software Mini Tool Partition Wizard Server Edition 7.7 (jika susah/gagal mendownload lewat tusfiles, klik link ini terlebih dahulu, lalu klik link tadi) Download Serial keynya (LINK FIXED)
2)   Install software tersebut di Komputer/Laptop, buka dan masukan kode serialnya


3)   Colok microSD ke komputer atau laptop menggunakan card reader. 
Warning !!! Jangan menggunakan kabel data

Card Reader
4)   Buka software mini tool partition wizard
5)   Pilih drive microSD anda lalu klik delete sehingga menjadi unallocated



6)   Klik  kanan disk unallocated itu, lalu klik create

PARTISI 1
Untuk menyimpan data utama seperti lagu, gambar, video, dll. Buat aja yang besar
  • Create As      : Primary
  • File System   : fat32

Saya sarankan :

microSD 2 GB           : 1,4 GB
microSD 4 GB           : 3.05 GB

7)   Klik OK
8)   Setelah itu, maka akan ada sisa dari microSD anda. Nah sisa ini digunakan untuk membuat partisi kedua.  Klik kanan pilih create

PARTISI 2                                                                                                                               Untuk menjadikan memory internal kedua

  • Create As      : Primary                                                                                                         
  • File System    : ext2                                                                                                             
  • Cluster size    : 4 KB


Saya sarankan :

microSD 2 GB           : Sisa tadi                                                                                  microSD 4 GB          : 600 MB

9)   Klik OK
      Jika muncul pesan berikut wajar saja, karena Windows memang tidak mendukung partisi ext2 



10)  Lalu kita buat lagi partisi ketiga. Saya sarankan partisi ketiga ini dilakukan untuk microSD 4 GB dan diatasnya. Jadi microSD 2 GB sebaiknya tidak.

PARTISI 3                                                                                                                                 Untuk membantu kinerja RAM

  • Create AS      : Primary                                                                                                           
  • File System    : linux swap


Saya sarankan :

microSD 4GB            : Sisanya

==================================================================

Contoh Partisi MicroSD yang berukuran 4 GB ( ukuran sebenarnya 3,75 GB )
  •          Primary Fat32              : 3.05 GB
  •          Primary Ext2                : 600 MB
  •          Primary Linux Swap    : 100 MB
Contoh Partisi MicroSD yang berukuran 8 GB ( Ukuran sebenarnya 7.5 GB )


           ===================================================================

11)  Klik OK
12)  Setelah selesai semuanya, klik Apply yang ada pada pojok kiri atas

13)  Akan muncul peringatan 


Sebelum klik yes pastikan anda telah menutup software yang mengatur keluar masuk flashdisk/microsd seperti :

14)  Klik yes, tunggu proses mempartisi selesai
15) Jika muncul pesan berikut berarti selamat microSD anda sudah dipartisi




Setelah melakukan partisi microsd, Untuk meringankan memori internal silahkan anda install aplikasi link2sd / link2sd extreme / data2sd / a2sd / gl2sd / mount2sd / dc2sd, atau yang lainnya,  (pastikan smartphone androidmu telah di root). Setelah menginstal aplikasi ini, pindah aplikasi yang disimpan di memory internal ke microSD sehingga memory internal Android anda menjadi lebih lega.

Demikian artikel mengenai cara melakukan partisi microSD di Android. Semoga bermanfaat



Mengenal Blackberry 10


Kali ini, ilmu-android akan mencoba untuk membahas tentang OS lainyakni Blackberry OS 10. Perlu kalian ketahui, Blackberry 10 adalah sistem operasi terbaru yang dikeluarkan RIM. OS Blackberry 10 ini akan menggunakan basis QNX.

Fitur Blackberry 10

        1)     Timeline

Timeline adalah salah satu fitur Blackberry 10 yang digunakan pada kamera. Jika seseorang mengambil foto dan ternyata momen yang diinginkan terlewat maka pengguna bisa melihat kedalam tembolok kamera untuk mengambil gambar yang lebih tepat momennya. Contoh jika kita akan memotret seseorang dan orang itu tersenyum lalu cemberut, jika hasil jepretan kita tadi berupa orang itu yang cemberut maka kita bisa mengubahnya menjadi tersenyum. Hal ini menandakan bahwa kamera telah bekerja sebelum tombol jepret ditekan.

       2)     Navigasi Yang Berbeda

OS Blackberry 10 menampilkan homescreen dengan fungsi yang berbeda-beda. Konsep ini disebut dengan “the flow”. Contoh dari navigasi pada os blackberry 10 antara lain :
  •           Gerakan menyapu pada layar                     : Berpindah-pindah aplikasi
  •           Gerakan menyapu jari dari bagian bawah layar ketika membuka aplikasi       : Membuka daftar aplikasi yang telah dibuka sebelumnya
  •           Gerakan menyapu jari ke kiri                       : Melihat notifikasi
  •          Gerakan menyapu jari ke kiri lebih jauh      : Membuka inbox


       3)     Gabungan Inbox

Pada OS Blackberry 10, inbox menampilkan semua jenis komunikasi seperti email, pesan teks, panggilan tak terjawab, dan lain-lain. Fitur ini mirip dengan fitur yang ada pada Smartphone Sony

       4)     Prediksi Huruf Keyboard

Fitur prediksi huruf keyboard terdapat pada perangkat Blackberry 10 yang full touchscreen, Setiap kamu mengetik, fitur ini akan menampilkan huruf lanjutan dalam membentuk kata. Untuk memuat hasil prediksi teks, kamu hanya tinggal menaikkan huruf dari keyoard ke kolom penulisan dengan sapuan jari.

Gadget Blackberry 10

      1)     Blackberry Dev Alpha

Blackberry Dev Alpha merupakan Blackberry yang menganut konsep  full touchscreen. Blackberry ini telah dipamerkan pada Blackberry World 2012 di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Blackberry Dev Alpha ini hanya untuk developer (pengembang aplikasi) yang akan membuat konten di platform Blackberry 10.

      2)     Blackberry Seri L ( London )

Blackberry Seri L merupakan Blackberry dengan layar full touchscreen sama halnya dengan Blackberry Dev Alpha. Menurut N4BB, layar dari blackberry ini bakal mengalahkan layar retina display yang ada pada iPhone 4S. Resolusi layar dari blackberry ini sebesar 768 X 1280 piksel dengan densitas piksel 356 ppi. Kabarnya Blackberry Seri L ini akan dirilis RIM pada awal tahun 2013.

     3)     Blackberry Seri N ( Nevada )

Berbeda dengan Blackberry Seri L dan Dev Alpha, Blackberry Seri N menggunakan keyboard qwerty fisik. Blackberry ini menggunakan layar dengan resolusi 720 x 720 piksel dengan kerapatan piksle sebesar 330 ppi. Blackberry ini tidak menggunakan Trackpad.





Download Raging Thunder 2

Hee, ilmu-android akan mengeshare lagi nih tentang game. Nah yang dishare kali ini adalah Raging Thunder 2. Game ini sangat bagus lho buat mengisi waktu luang kamu. Kamu dapat menikmati game balapan ini di smartphone Android kamu. Game ini dapat berjalan baik kok di Galaxy Young. Jangan lupa baca postingan saya tentang game  lainnya seperti death worm dan four days.


Raging Thunder - FREE

Key features:
  • Stunning, console quality 3D graphics
  • Internet cross-platform multiplayer racing
  • Fast paced, intense gameplay
  • Accessible and intuitive controls
  • 5 different single player game modes



Cara menginstal Game Raging Thunder 2 :

     1)     Install file apknya
     2)     Setelah selesai menginstal apknya, pindahkan folder data ke sd card/data
     3)     Jalankan gamenya, selamat menikmati