Beranda · Aplikasi · Games · Gadget · Info · Tips · Trik · Theme · Berita · Daftar Isi · Contact Me ·

Amankah Menghapus Aplikasi Bawaan ?

Apakah kita bisa menghapus aplikasi bawaan dari smartphone Android? Bolehkah? Amankah? Jika dihapus apa dampaknya? Mari kita simak artikel mengenai "Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone"

Di Smartphone kita mungkin terdapat aplikasi bawaan yang  jarang atau bahkan tidak pernah kalian gunakan. Biasanya ada keinginan kalian untuk menghapus aplikasi itu dikarenakan aplikasi itu memakan memori internal dan RAM. Contohnya di smartphone Samsung terdapat aplikasi bawaan bernama ChatOn. Aplikasi ChatOn ini sejatinya merupakan aplikasi messenger, sama halnya dengan Whatsapp / BBM/ Line/ Kakaotalk/ Wechat. Tapi sayangnya mungkin teman2 kalian tidak ada yang memakai ChatOn alhasil aplikasi ChatOn ini menjadi sepi dan terbengkalai.

Jadi apakah bisa dihapus aplikasi bawaan tersebut?

Jawabannya: Bisa, tetapi tidak secara langsung. Untuk bisa menghapus aplikasi bawaan atau aplikasi pre-install yang tidak dikehendaki, kita harus melakukan ROOT pada device tersebut. Tapi harap diingat, bagi sebagian besar brand, melakukan ROOT dan modifikasi
firmware akan menghilangkan garansi.  Setelah melakukan root, jika ingin menghapus aplikasi bawaan, kalian bisa menggunakan aplikasi semacam Link2SD atau Titanium Backup Pro. 

Tapi berhati-hatilah dalam menghapus aplikasi system. Ada aplikasi system yang aman jika dihapus ada juga yang Tidak Boleh dihapus. Beberapa aplikasi pendukung bisa jadi sangat dibutuhkan sebagai bagian dari keseluruhan sistem, menghapusnya bisa menyebabkan system tidak stabil, hang, looping atau menyebabkan smartphone tidak bisa digunakan. Ada juga kasus dimana jika kita menghapus aplikasi bawaan, maka smartphone kita akan gagal ketika update software.

Kalau aplikasi-aplikasi bawaan tersebut menurut Anda hanya tidak ingin otomatis jalan/memakan RAM, dan ingin menonaktifkannya tetap tidak dihapus, bisa lakukan cara-cara aman berikut :

Mendisable Aplikasi Tersebut 

Kita bisa men-disable suatu aplikasi, sehingga aplikasi itu tidak berjalan, dinonaktifkan, dan iconnya tidak muncul di menu aplikasi. Caranya : 
  1. Masuk ke setting, pilih bagian Apps, pilih All
  2. Cari aplikasi yang akan didisable
  3. Pilih disable 


Apakah bisa dikembalikan? Bisa kok, caranya sama, masuk ke setting, apps dan pilih aplikasi tersebut, kemudian pilih enable. 

Meng-Freeze Aplikasi Tersebut

Tidak semua aplikasi bisa didisable. Jadi cara yang ampuh untuk menonaktifkan aplikasi itu yakni dengan mengfreeze. Untuk melakukan freeze, syaratnya harus diroot terlebih dahulu. Penjelasan lebih lanjut mengenai freeze aplikasi bisa baca artikel berikut : Cara Mudah Freeze Aplikasi Android


****

Demikian artikel mengenai Amankah Menghapus Aplikasi Bawaan. Semoga bermanfaat.