Beranda · Aplikasi · Games · Gadget · Info · Tips · Trik · Theme · Berita · Daftar Isi · Contact Me ·

Menggabungkan 2 Foto Dengan PicSay Android


PicSay - Photo EditorPada kesempatan ini, Ilmu-Android akan mencoba membahas mengenai trik edit foto di Android yakni menggabungkan 2 foto. Trik ini dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Android yang bernama PicSay. PicSay merupakan aplikasi photo editor terpopuler di Play Store.

Kini berkat kecanggihan Android, kalian tidak perlu mengedit foto melalui komputer dengan Adobe Photosop, Picasa Photo editor, atau software photo editor lainnya. Di Android sendiri sudah ada aplikasi edit photo bernama PicSay Pro Photo Editor. Aplikasi ini memudahkan kita mengedit photo kapan saja dan tentunya aplikasi ini praktis digunakan.

PicSay photo editor juga memiliki fitur effect photo yang banyak. Selain itu PicSay Photo Editor menyediakan sticker yang unik dan bermacam-macam yang dapat menghias foto anda sehingga lebih atraktif.

Silahkan download PicSay Pro Apk melalui link di bawah ini :


OK yang dibahas kali ini adalah cara menggabungkan 2 foto sekaligus. Yang saya contohkan berikut ini adalah menggabungkan 2 foto sehingga backgroundnya dirubah.

1. Buka aplikasi PicSay yang telah diinstal tadi
2. Pilih Get A Picture

3. Setelah itu anda akan diarahkan ke Galeri, pilih foto yang akan digunakan sebagai background

4. Saya sarankan pilih ukuran maksimum

5. Maka akan jadi begini, lalu pilih menu effect

6. Pilih Insert Picture

7. Anda akan kembali diarahkan ke Galeri, pilih foto yang akan digabungkan

8. Crop foto yang dipilih agar ukurannya pas

9. Tempatkan foto yang di crop tersebut sesukamu

10. Hapus bagian yang tidak perlu di sekitarnya 

11. Untuk memudahkan menghapus bagian yang tidak perlu kalian bisa menggunakan fitur zoom. Apabila terjadi kesalahan kalian bisa merestorenya kembali dan bisa melakukan undo serta redo. Gunakan 2 jari dan tahan yang lama untuk melakukan zoom.




12. Setelah selesai menghapus bagian yang tidak perlu, pilih tanda centang

13. Selesai !!! Gimana Mudahkan ?? 

Sebelum



   
Sesudah



Cara Download File Jar Di Android

Ternyata ada sebagian Smartphone Android yang tidak bisa mendownload file .jar (java). Jika kita mendownload file java tersebut di Opera Mini maka kita akan terpental ke Browser bawaan dan browser bawaan tersebut akan gagal mendownload file .jar


Berikut screenshotnya :


Lalu bagaimana sih cara agar bisa mendownload file .jar (java) ? Berikut solusinya :

1) Gunakan Zip Online

Dengan menggunakan fasilitas zip Online maka kita bisa mendownload file .jar dalam bentuk .zip. Lalu kita hanya tinggal mengekstraknya dengan menggunakan winzip atau es file explorer yang telah terinstall di Smartphone Androidmu.

Berikut beberapa situs zip online :

2) Gunakan Browser Chrome Android

 Chrome
Tentunya kalian telah mengenal  Browser Google Chrome yang ada di Komputer/Laptop. Browser Google Chrome ini juga telah tersedia di Android dan browser ini sudah support mendownload file .jar.


Tips Cara Mempercepat Download Di Android

Apakah anda merasa ketika smartphone Android anda sedang dalam proses mendownload, kok lama sekali. Jika pada artikel saya sebelumnya saya membahas tentang Tips Mempercepat Koneksi Internet, kini saya akan membahas tentang Tips Cara Mempercepat Download Di Android. Langsung saja berikut tipsnya.

      1)  Gunakan Browser Opera Mini Next

Browser Opera Mini Next merupakan browser tercepat dan terhemat dalam penggunaan data. Walaupun browser ini memiliki sedikit fitur, namun browser ini bisa mengkompres halaman atau download hingga 99%. Waktu itu saya mencoba download Game Angry Birds Season dalam format apk dan game itu berukuran 20.95 MB dan ternyata ketika didownload game itu dikompress Opera Mini Next sehingga menjadi berukuran 291 KB. Wow.


















    2)  Gunakan Faster Downloads

Aplikasi Faster Downloads ini hampir sama kerjanya dengan software downloader terpopuler di PC/Laptop yakni IDM ( Internet Download Manager ). Aplikasi ini sangat cocok untuk mendownload berbagai file berukuran besar seperti custom rom, firmware, atau game HD.


 3)  Gunakan AndroGET

Inilah Fitur-fitur AndroGet :

Mempercepat proses download.
Mendukung download file berukuran besar.
Bisa mendownload langsung dari browser maupun link share.
Dilengkapi dengan queue (antrian file download).
Bisa digunakan untuk Pause, Stop, Resume atau Retry ketika terjadi error saat proses download.
Mendukung proses download dengan menggunakan proxy.
Bisa merename atau overwrite file.
Mendukung Dropbox.
Mendukung berbagai situs file sharing seperti Mediafire, Uploadbaz, 4shared, Ziddu, dll.

4) Gunakan Rakun Optimizer

Selain bisa mempercepat download, bisa juga untuk meningkatkan kinerja Smartphone Android kalian. Untuk informasi mengenai rakun optimizer silahkan anda cari di google

Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android


Koneksi internet boleh dikatakan sebagai hal yang wajib pada Smartphone Android. Mengapa ? Karena sebagian besar Smartphone Android membutuhkan koneksi internet untuk melakukan update, sinkronisasi, menampilkan iklan, dan lain-lain.

Nah tentunya Smartphone Android akan lebih bekerja secara optimal bila didukung dengan koneksi internet yang stabil dan cepat. Bila koneksi internet di Smartphone  Android Anda lambat, maka akan sangat lama loading aplikasi seperti Facebook email, dll ataupun Anda akan menunggu lama untuk membuka halaman web atau mendownload sebuah aplikasi di Google Play Store.

Lalu bagaimana cara mempercepat koneksi internet di Android?

Cermat Memilih Operator

Pilihlah operator yang sudah ada jaringan 3G dan HSDPA di daerah Anda. Dengan adanya koneksi 3G, maka koneksi internet di Smartphone Android akan lebih cepat dibandingkan jika Anda hanya menggunakan operator yang masih GPRS atau EDGE. Smartphone Android anda pun harus sudah mendukung jaringan 3G.

Selain itu pilihlah operator yang paling stabil sinyalnya, tidak turun naik sehingga nantinya koneksi internet di Android Anda akan cepat dan stabil. Dan tentunya jika anda menggunakan paket internet, disarankan pilih paket internet yang kecepatan internetnya maksimal.

Hapus Cache, History, dan Cookies

Rajin-rajinlah untuk mengclear cache, history, dan cookies di browser Anda baik itu di browser pihak ketiga ataupun di browser bawaan ponsel Android Anda. Selain itu pastikan Anda untuk selalu menutup aplikasi yang tidak dipakai, apalagi aplikasi Online yang membutuhkan koneksi internet.

Pasang Aplikasi Pemercepat Koneksi Internet

Instal aplikasi untuk mempercepat koneksi internet di Android. Aplikasi seperti Speed Up Internet atau Internet Booster, Network Signal Speed Booster for Android yang akan membantu Anda untuk lebih mempercepat koneksi internet.


Install Aplikasi Adfree

Aplikasi AdFree untuk mencegah iklan muncul di aplikasi. Seperti kita ketahui, saat menjalankan sebuah aplikasi gratis di Android, kadang selalu muncul iklan. Nah, iklan inilah yang bisa juga memperlambat koneksi internet di ponsel Android. Untuk mengistallnya smartphone Android anda harus dalam keadaan rooted. Baca pengertian root.


20 Aplikasi Android Ramadhan


Berbagai Aplikasi Android yang cocok dipasang di Bulan Ramadhan. Besok (ada juga yang sekarang sih), umat muslim di dunia akan melaksanakan ibadah puasa, oleh karena itu melalui blog ilmu-android ini, saya akan menge-share tentang 20 aplikasi ramadhan khusus buat Android.



1. Timer Apk 

Aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi keterlambatan bangun sahur tadi, cukup setting waktu sahur anda di gadget Android, dan ketika waktunya tiba otomatis aplikasi ini akan membangunkan anda dari nyenyaknya tidur. 

2. Ramadan 2012

Aplikasi ini memuat jadwal imsyakiyah, jadwal buka puasa dan jadwal shalat fardu yang lima waktu memuat kurang lebih 251 negara yang meliputi kurang lebih 6 juta.

3. iQuran

Al Qur’an digital yang bisa di bawa kemana saja sehingga bisa setiap saat Tadarus asal terinstal di Handphone Android.

4. Find My Qiblah

Aplikasi penunjuk arah kiblat ini membantu seseorang yang suka traveling seperti saya mencari arah Sholat. 

5. Doa Harian

Doa Harian adalah salah satu aplikasi Islami buatan lokal yang mendapatkan respon cukup positif dari penggunanya. Fungsinya adalah sebagai kumpulan doa sehari-hari dalam huruf Arab dan Latin. Aplikasi ini juga menyediakan terjemahan dari setiap doa ke dalam bahasa Indonesia.

 6. Kalkulator Zakat 

Aplikasi ini cukup berguna untuk menghitung berapa zakat yang dikeluarkan terkait harta, profesi, dan usaha Anda.

7. Hadist Arba'in

Aplikasi android Hadist Arba''in berisi 40 hadis utama dari Imam Nawawi. Tak cuma tulisan hadis-nya saja yang ada pada aplikasi itu. Ada juga intisari dan artinya. Sehingga tiap pengguna bisa mengerti nilai serta ajaran dari tiap hadis. 

8. Watch Live Kaba

Dengan aplikasi ini kita bisa menyaksikan kegiatan di sana secara langsung selama 24 jam. Namun, perhatikan koneksi Internet. Anda disarankan menggunakan WiFi atau minimal jaringan seluler 3G dengan paket data unlimited.

9. Muslim Baby Names

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mencari referensi nama islami lengkap dengan artinya buat si buah hati anda yang baru lahir. Selain itu, Anda dapat mencari nama berdasarkan abjad. 

10. Muslim Pro : Azan & Quran

Aplikasi android ini memuat pemberitahuan waktu salat dengan menghitung sesuai lokasi dan waktu lokal tempat Anda berada. Selain itu, aplikasi berukuran besar ini juga memiliki fitur penunjuk arah kiblat dengan animasi, kalender Hijriah untuk penentuan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, serta Alquran dengan teks Arab, latin serta terjemahan ke 5 bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Turki dan tentunya, Indonesia. 

11. Sunrise/Sunset Finder 

Sunrise/sunset finder memberikan informasi akurat mengenai kapan waktu matahari
terbit dan terbenam di kota-kota seluruh dunia, sehingga Anda tak terlewat waktu berbuka dan tak kebablasan saat sahur.

12. Alunan Istigfar

Aplikasi ini Berisi audio Zikir, nah mumpung Bulan Ramadhan juga kan. lebih banyak Zikir lebih banyak pahala yang didapat. 

13. Evaluasi Ibadah

Evaluasi Ibadah (juga populer disebut Mutabaah) adalah aplikasi untuk mencatat riwayat ibadah/aktivitas harian melalui Handphone Android. jadi bisa jadi tolak ukur sejauh mana kita Ibadah.

14. Media Mudik

Aplikasi ini akan membantu perjalanan mudik kita, informasi yang ditampilkan adalah waktu Imsak, perhitungan Zakat, biaya mudik, baca berita terbaru, Artikel Islam dan menunjukkan lokasi pom bensin, Masjid, ATM dan lain-lain saat Kalian melakukan perjalanan Mudik. 

15. Resep Masak

Bulan Ramadhan erat kaitannya dengan Makanan dan Minuman, nah dengan aplikasi ini kamu bisa mencoba berbagai resep hidangan untuk sahur maupun berbuka selama Ramadhan.

16. Live Ramadan

Aplikasi ini menyediakan fitur kisah nabi,  waktu sholat, dan resep makanan berbuka puasa.

17. Resala Ramadan

Aplikasi ini menampilkan artikel-artikel yang berhubungan dengan Ramadhan. Sebagai contoh, artikel tentang keutamaan bulan ramadhan, keutamaan menyegerakan berbuka, tentang shalat tarawih, sahur, berbuka dan lain-lain. 

18. Muslim Kids Series: Dua

Aplikasi ini menampilkan beberapa doa sehari-hari yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Kelebihannya adalah di setiap doa ada audio pembacaannya oleh seorang anak kecil. 

19. Ramadan Wallpapers
Aplikasi ini berisi wallpaper-wallpaper keren bertemakan Ramadan.

20. Ramzan
Dengan aplikasi ini kita bisa membaca ayat Al-Quran, menge-share ayat Al-Quran tersebut ke Facebook, dan lain-lain.



Cicipi Jelly Bean Dengan Jelly Bean Themes


Sudah lama, Blog ilmu-android ini tidak menge-share tentang themes. Kali ini saya akan menge-share themes buat Smartphone Android kalian yakni Android alias Jelly Bean Go Launcher EX Themes. Theme ini akan menyulap Smartphone Android kalian yang masih bersistem operasi Froyo, Gingerbread, atau Ice Cream Sandwich menjadi seperti Agar-agar Buncis  alias Jelly Bean. Sebelumnya sangat disarankan kalian melihat-lihat themes yang pernah saya share di Blog Ilmu-Android ini yakni Steel Go Launcher EX Theme, Electric Cyan Go Launcher Theme, dan LG Plada Go Launcher EX Theme.

 Jelly Bean  Theme Go launcher

Themes ini hanya bisa digunakan apabila anda sudah menginstal Go Launcher. Nah bagi kalian yang belum mempunyai aplikasi Go Launcher silahkan untuk memasangnya dengan cara klik disini.

Bagi anda yang mungkin berkantong tebal dan menghargai hasil kerja keras developer yang membuat themes ini silahkan mendownload versi berbayarnya melalui Google Play