Tips Cerdas Memilih Power Bank Bagus dan Berkualitas

Tips Cerdas Memilih Power Bank Bagus dan BerkualitasSeringkali kita melihat seseorang memegang gadget androidnya sambil menyambungkan ke powerbank. Yuk bersama IlmuAndroid kita belajar tentang Tips Memilih Powerbank Yang Bagus :D

Apa sih power bank? - Powerbank merupakan charger portable yang dapat dibawa ke mana saja yang berfungsi untuk mengisi daya pada baterai smartphone dimanapun dan kapanpun. ‘PowerBank’ sebenarnya merupakan nama merk charger portable. Tapi nama ini sudah terlanjur populer , sama halnya dengan Air Minum dalam Kemasan yang merk apapun pasti disebut Aqua.

Power Bank
Baterai Android anda kritis sementara itu anda sedang di jalan/di suatu tempat dan tidak membawa charger? Maka kehadiran Powerbank sangat berguna. Dengan power bank Anda tidak perlu takut lagi kehabisan baterai dijalan. Wajar saja, android merupakan OS yang haus akan daya baterai.


Powerbank tersedia dari kapasitas kecil seperti 2000 mAh sampai kapasitas besar 25.000 mAh. Semakin besar kapasitas mAh, semakin besar ukurannya. Ohh ya kapasitas PowerBank tidak benar 100%. Disini kita perlu mempertanyakan kualitas powerbank itu. Seperti apakah powerbank berkualitas? Berikut adalah tips memilih PowerBank yang Bagus 





ADA HARGA ADA RUPA  - Ada powerbank yang berkapasitas 3000 mAh dengan banderol harga cuma Rp 75.500 saja. Ada juga powerbank yang berkapasitas 3300 mAh namun dibanderol dengan harga 261.000. Lho kok harganya bisa beda jauh gitu? 


Jadi gini, harga sebanding dengan kualitas. Dapat saya simpulkan bahwa powerbank yang seharga 55.000 itu berkualitas rendah, kapasitas tidak real, mudah rusak, dan kurang aman untuk gadget android kita. Kebanyakan orang Indonesia inginnya yang berkapasitas besar namun harga yang murah. Dan sebenarnya yang terpenting adalah kualitasnya. Tidak semua powerbank yang beredar di pasaran memiliki standar kualitas yang baik, banyak yang beredar dengan menggunakan baterai bekas demi menekan harga yang lebih murah dan mendapatkan keuntungan semata. Saran saya sarankan pilihlah power bank yang bermerk internasional dan terpercaya dan adanya jaminan garansi minimal 1 tahun. Lebih baik bayar sedikit mahal tapi gadget kita akan tetap selalu aman. Beberapa kasus terjadi, menggunakan powerbank abal-abal yang justru membuat baterai gadget kita menjadi sangat boros atau merusak baterai.



BERAPA KALI CHARGE ? - Ada powerbank yang berkapasitas 5600 mAh. Misal kita punya Smartphone dengan daya baterai 2100 mAh. Secara logika, berarti powerbank tersebut mampu mengisi baterai smartphone sampai penuh  3 kali. Tapi nyatanya tidak. Ada powerbank yang sampai 2x pengecasan. Bahkan ada yang hanya 1x pengecasan saja.


KAPASITAS TIDAK SELALU BENAR - Sama halnya dengan kasus banyaknya baterai double power dengan kapasitas palsu, kapasitas powerbank tidak selalu benar. Untuk beberapa merk PowerBank yang tidak jujur, mungkin memberikan kapasitas real  yang tidak lebih dari 1/2  kapasitas yang tercantum. Sementara itu Powerbank berkualitas memberikan kapasitas yang mendekati kapasitas asli. Kapasitas sebenarnya tidak 100% sesuai dengan yang tertera karena adanya energi untuk mengkonversi ketika mengisi daya. Faktor lainnya yakni kemampuan kabel konektor yang mempengaruhi daya hantar sehingga daya powerbank dapat terpakai maksimal 80-85% dari kapasitas yang tercantum.

Misal, powerbank Sony tercantum kapasitas 8800 mAh. Kapasitas aslinya yakni 80% x 8800 = 7040 mAh. Dipakai untuk mencharge Sony Xperia Z yang memiliki kapasitas baterai sebesar 2330 mAhPertanyaannya : Berapa kali kemampuan Charge powerbank itu terhadap Sony Xperia Z? Tentu mudah, cukup dibagi saja kapasitas real dengan kapasitas baterai, 7040:2330 = 3.0214  Berarti powerbank itu mampu mencharge baterai Xperia Z sampai penuh sebanyak 3xEitss, tergantung juga kondisi Smartphone kita, jika dicharge dalam keadaan mati tentu benar pernyataan tadi, namun hal ini tidak berlaku jika dicharge dalam kondisi smartphone kita aktif karena jika dicharge dalam kondisi aktif, smartphone kita lebih banyak menyerap daya dan membutuhkan waktu lebih lama untuk full.



Banyak orang yang memilih PowerBank tan memperhitungkan Cell di dalamnya. Cell merupakan baterai isi ulang yang dipakai di Power Bank tersebut. Cell menentukan keawetan dari powerbank tersebut. Cell yang tidak diragukan kualitasnya yakni Japan Cell, Sanyo Cell, dan Samsung Cell. Hati-hati juga memilih merk PowerBank karena ada juga PowerBank yang menggunakan cell bekas atau rekondisi.



GUNAKAN KONEKTOR (KABEL DATA) BAWAAN - Banyak PowerBank yang sudah menyediakan langsung berbagai konektor. Namun konektor yang telah disediakan powerbank tersebut kualitasnya tidak lebih bagus dibanding Kabel data bawaan Smartphone. Konektor yang buruk dapat menyebabkan arus pendek dan membahayakan smartphone anda. Selalu gunakan kabel data original bawaan smartphone anda, karena lebih terjamin kualitasnya dan aman karena arus yang dialirkan lebih stabil.



PERHATIKAN FITUR-FITUR POWERBANK - Kebanyakan orang membeli powerbank tanpa melihat fitur-fiturnya. Padahal fitur-fitur powerbank sangatlah perlu diperhatikan. Jadi alangkah lebih baik kalian membeli powerbank dengan fitur-fitur antara lain :

- Overcharging Protection
Anda sering nge-charge smartphone di malam hari dan ditinggal tidur? Jika baterai sudah penuh, namun ditinggal terlalu lama dan masih terhubung charge, maka bisa berbahaya karena dapat merusak baterai dan membuat baterai hamil. Dengan adanya fitur Overcharging Protection maka Smartphone android anda lebih terlindungi karena jika baterai sudah terisi full maka arus akan otomatis dimatikan powerbank.

- Temperature Protection
Apakah kalian pernah ngecharge lewat powerbank tapi kok body hp jadi anget/panas? Wadew pasti powerbank anda tidak punya fitur "Temperature Protection" ya? Fitur Temperature Protection ini berguna untuk meminimalisir timbulnya panas pada saat smartphone android kita dicharge.

- Short Circuit Protection
Nah kalo fitur Short Circuit Protection uang ada di powerbank ini berguna untuk melindungi smartphone Anda jika terjadi arus pendek.

****
Oke demikian tips dari IlmuAndroid perihal memilih PowerBank yang bagus dan benar. Semoga tips ini bisa lebih membantu bagi kalian yang ingin membeli Powerbank.



Takut menyesal setelah membeli PowerBank karena kualitasnya buruk? IlmuAndroid bisa bantu kok. Kalian bisa kontak saya melalui email tentang merk-merk powerbank yang berkualitas. Soalnya kalau saya share merk-merk powerbank di sini ntar dikira promosi... 

124 Responses to "Tips Cerdas Memilih Power Bank Bagus dan Berkualitas"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Merk2 apaa saja yang direkomendasikan oleh admin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sony,energizer,enerpad,yoobaoo,dll lebih lengkap tanya lewat Wechat/line

      Delete
    2. Min tau merek veger gak, kalo merek veger bagus gak?? Bakal di rekomendasiin ga sama admin??

      Delete
    3. Tolong jawab, gak buat admin aja buat yg tau, merek veger bagus gk?

      Delete
    4. Jelek aku pernah beli merk veger 10000mah 175K yang jual bilangnya ori tali PB nya enteng banget gak ada tombol on of nya lampunya cuman satu gak bisa tau osi pb nya tinggal berapa. Dan tulisannya 10000 mah tapi gak sampai batetai penuh tapi pb nya udh abis. Jadi nyesel belinya. Tapi gak tau yang mau kamu beli ini cuman pendapat :))

      Delete
  3. Salah satu cara memilih power bank adalah dengan memperhatikan kualitas batterainya. beberapa pilihan power bank tersedia di sini : http://tokomaksi.com/handphone_tablet/power_bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo broo... bagaimana kita tau kualitas baterai power bank yg digunakan asli, oem, rekondisi, palsu? kita beli power bank pastinya baterainya sudah ada di dalam casing, masa mau kita bongkar di depan penjualnya, yg jelas sulit lah, kecuali kejujuran sang penjual kalau barang yg di jual kondisinya bagaimana.. tp jaman sekarang masih ada kah penjual jujur 100%

      Delete
  4. kalau saya pribadi merk sony, samsung, philips, vivan, robot, cari yg bergaransi 1 tahun keatas, jngn yg 3 bln, 6 bln, itu sama aja bohong karena kalau kita pakai normal 6 bln belum kelihatan tanda2 rusaknya. Cos beli di toko langganan, minimal kenal baik sama pemilik tokonya, kalau barang kita rusak karena kenal baik, mereka ga ambil pusing langsung tukar barang baru.. Tapi memang kalau beli yg bergaransi harganya lebih mahal dari yg tdk bergaransi, yg penting terjamin, ada harga ada kualitas lah.

    ReplyDelete
  5. Tlong minta pin BBM nya dong untuk yg punya Blog ..Terimakasih

    ReplyDelete
  6. bro kmaren gua nyarik powerbank sony yg 10000 mAH dijual cuma 400 ribu padahal kan di lazada harganya 730 ribu, itu gimana bro asli apa enggak sony nya ? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mungkin powerbank Sony 10.000 mAh dijual seharga 400rb, kalaupun itu ada, diragukan keasliannya

      Delete
  7. baru nemu ini, bagus tulisannya dan membantu banget.
    izin share ya, min :D

    ReplyDelete
  8. maaf mau tanya, kalo sekarang banyak yg jual merk samsung itu apa betul betul asli? karena harganya murah betul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powerbank Samsung dengan harga murah yg banyak dijual di pasaran adalah PALSU dan berkualitas RENDAH

      Delete
  9. kalau PB Targus gimana gan ? Garansi 1 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru pernah dengar merk powerbank itu, saya kurang tahu kualitasnya

      Delete
  10. Kalau merk Power cube KH Hercules PC220, bagaimana kwalitasnya mas bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari harganya...
      kualitasnya meragukan

      Delete
  11. Sy lihat powerbank sony 10000mah di lazada dijual 565rb, bgmn cek asli atau palsu nya min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powerbank sony type apa gan? Ada linknya?

      Delete
  12. Kalau power bank baru keluaran asus bgus ng.bro . Trus minta info harga asli pb asus yng original . Terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup bagus gan, untuk masalah harga agan bisa cari di internet, sepengetahuan saya, belum ada powerbank asus palsu

      Delete
  13. Min kualitas power bank robot RT6800 6600 mah gimana? Bagus ga?? Harganya 200rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Powerbank Robot kualitasnya cukup bagus

      Delete
  14. Hei min kalo pb hippo 15000 harga 485 gimana? tadinya harganya 750 saya liat dilaza**

    ReplyDelete
  15. Kalau power bank nippon 20000 mah 150rb katanya d jamin ori.gmn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapasitas besar 20.000 mAh namun dijual 150ribu..hmm..sepertinya kualitasnya kurang meyakinkan jika dilihat dari harga dan kapastasnya

      Delete
  16. Salam kenal gan.. Saya hari ino baru beli pb robot 10.000 tapi kenapa pbnya di cas pake charger bawaan gak naik2 lampu indikatornya.. Mohon jawabannya gan.. Thankyou ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menggunakan charger dari hp, apakah normal?

      Delete
  17. Gan klo di bandingin power bank xiaomi, asus, vivan, sama hippo, menurut agan jika di urutkan yg mana paling baik dan yg kurang baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tdk bisa mengurutkannya dikarenaan saya tidak memakai keempat powerbank tersebut.tapi kalau disuruh pilih, saya pilih powerbank asus

      Delete
    2. Gan klau xiomi 10000mah rp180000
      Gimna gan
      Trus klau di bandingin xiomi 10000mah dengan robot 6600 mah bgus dan ja
      minan mna

      Delete
  18. Gan, saya tertarik dg powerbank moigus 8000mahdi,lazada, dari 800k jadi 300anrb itu palsu apa gimana ya gan?

    ReplyDelete
  19. gan, merk/tipe pb apa ja yg punya fitur" datas?

    ReplyDelete
  20. min mau tny donk ,, http://www.lazada.co.id/sony-powerbank-10000mah-putih-1931324.html
    ini power bank sony kya gtu bagus ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 240k, hrusny sih 450k lbih,, cma ad diskon 50% an di lazada...

      Delete
  21. Tadi ke konter beli paket m3 2gb terus liat powerbank robot 6600mah di hargain 100rb gimana ya ?
    Sedangkan vivan yg 11000 di hargain 300ribu

    Asli ga dua"nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya penjualnya asli atau tidak, coba cek kondisi fisik dan segel/sticker garansinya ya..

      Delete
    2. Power bank robot kulakannya memang di angka 8x.xxx mas. di kotaknya udah ada tulisan 12 months warranty (garansi 12 bulan). Bisasanya langsung klaim ke tokonya.

      Delete
  22. Bro sy ad beli power bank sony tipe cp-v10a 10000 mAh kog dak bs ngecas 2x gadget ya? Aku ad cas ipad n terisi pull tp pas ngecas hape sony it hanya naek 40% logika nya kan kl emang 10000 harusna bisa terisi 2 2nya dgn pol bahkan bs lbh lg soalna it power bank kan 10000 ini kog gak bs mohon petunjuknya?? Kl soal keaslian harusnya asli soanya aku beli di konter aslinya di hk wkt jalan2 kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. baterai iPadnya brp mAh? type hp sony-nya apa?

      Delete
  23. Betre ipadna 5124 trus hape sony c4 yg dual kartu bro.

    ReplyDelete
  24. Ipad na 5124 trus sony c4 dual 2600 tp pas ngecas hape sony dr 17 % hanya naek ke 57 % abis it dah gak bs di cas lg PB na dah abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dichargenya hp / ipad dalam kondisi mati atau nyala?toh kapasitas real powerbank sony 70% * 10000 mAh = 7000 mAh..jumlah batere ipad+sony c4=7724 mAh.. kalo dicharge dalam kondisi nyala, ya wajar aja..ga bisa penuh

      Delete
  25. Ane minta saran min.. ane pengen beli powerbank trus di toko tadi ditawarin hippo 15rb dg harga 450rb sama robot 20rb dg harga 400rb.. ane harus ambil mana? Makasih :)

    azi

    ReplyDelete
  26. Untuk yg mencari Power Bank Recommended, silahkan Kunjungi https://www.tokopedia.com/adshop-electro . Trims

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Info & Pemesanan:
    AD Shop Electro
    Termurah, Tercepat dan Terpercaya
    Jl. Swadaya Raya No. 17C
    Duren Sawit - Jakarta Timur 13440
    Sms/Telp: 0852 1080 4880
    Pin BB: 5842A3B1

    ReplyDelete
  29. Kalo power bank lenovo a033 kapasitas 10000mAh bagus gk gan?

    ReplyDelete
  30. Terimakasih infonya meskipun agak telat bacanya.. :( karena barusan beli PB murahan dan ternyata benar, ada harga ada rupa. Celakanya lagi, gak ada garansinya.

    ReplyDelete
  31. Min...sy bli pb robot rt6800 shrga 250rbu kmhalan ga min ? Tp ap tipe pb ini ckup bguz ?

    ReplyDelete
  32. Saya pake power bank asus gan... mantep recomended gan.. 😁

    ReplyDelete
  33. Min saya beli pb merk taff kapasitas 5200 dgn harga 180..,setelah saya buka ternyata baterai bermerk samsung..apa itu asli min ?

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Powerbank vivan bagus jan min?

    ReplyDelete
  36. terima kaish buat infonya
    ```````````

    ReplyDelete
  37. Powerbank merek Alfalink tdk di jual di pasaran cuma di jual di toko buku Gramedia Insya Allah di jamin keasliannya dan garansi 1 tahun lagi Sy pakai Powerbank merek Alfalink dayanya 6000 Mah harganya 364 ribu garansi lagi 1 tahun Sy beli di toko buku Gramedia Asli loh.

    ReplyDelete
  38. Min..saya mau beli powerbank buat sony Xperia m4 aqua...baiknya pb apa yg cocok dg hp saya ntu..kapasitas batre 2400 mAh..mkasii min sarannya

    ReplyDelete
  39. Kalo PB robot 10000 mah harga 265rb gmana ?

    ReplyDelete
  40. yg cocok buat hp xiaomi apa ya ...
    makasih

    ReplyDelete
  41. Gan klo pb robot rt400 kapasitas 13200mAh seharga 230rb bagus gaa?

    ReplyDelete
  42. Kalo powerbank Veger 10000mah bagus ga min?

    ReplyDelete
  43. Kalau power bank veger 10000mah harga 160 rbu bagus g min

    ReplyDelete
  44. Power Bank untuk Lenovo bagusnya yg berapa mAh min , dan harga ORI nya berapa ya ?

    ReplyDelete
  45. gan power bank yg cocok untuk asus zenfone 5 apa ya? thanks

    ReplyDelete
  46. Bang admin, kalo PB Veger 12000mAh harga 140rb, meragukan ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi beli pb veger gan?
      gimana?masih normal?

      Delete
  47. tolong infonya min pb merk apa aja yg cukup berkualitas

    ReplyDelete
  48. Tanya dong, merk anker bagus ga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan garansinya lama (minimal 1 tahun), bagus gan

      Delete
    2. anker bagus gan... garansi anker ampe 18 Bulan... di indo resmi nya udah ada ... www.ankerindonesia.com, bisa belanja langsung dari sana..

      Delete
  49. Gan mau tanya, pb veger 12800mah garansi 1 tahun dgn hrga 160 tertipu ga ya?

    ReplyDelete
  50. ane baru sja bli pb vger 10 rb..hrga 65.. ane cas pnuh kra2 3 jm.trus pke cas asus z4.. dri 90% k 100% ..sktar 15 mnit..tu pnglaman ane..

    ReplyDelete
  51. ane baru sja bli pb vger 10 rb..hrga 65.. ane cas pnuh kra2 3 jm.trus pke cas asus z4.. dri 90% k 100% ..sktar 15 mnit..tu pnglaman ane..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ndak enak ya PB Veger nya ?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Cepet panas ga mas? Awet awet aja kan?

      Delete
  52. Min aku kan baru beli pb veger 10000 mAh yang slim itu cara tau batere pas di charger penuh gimana caranya soalnya aku tunggu" tetep masih nyala gitu warna orange pernah cuman kedip"

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo penuh warnanya jadi hijau atau kedipnya berhenti gan

      Delete
  53. Pb veger 12000mah berkualitas gak gan? Soalnya harganya murah sekali buat ukuran mah sgtu. Makasih

    ReplyDelete
  54. Admin ari@bnyk yg tanya kualitas pB veger,,tlong di jawab dengan bijak..ma kasih

    ReplyDelete
  55. Mampir ah, cukup seru ini yang dibahas. menurut q PB veger 10.000 MAH cukup bagus gan, pengalaman sendiri nyoba ngecas batrai BB kondisi sekitaran 10%-FULL dengan lama cas sekitar sejam-an kondisi ponsel ON, dan kondisi powerbank cukup dingin kecuali disekitar PCB(colokan USB) aja yang sedikit hangat gak sepanas PB abal", karena sudah pernah nyoba jua yang abal". mungkin banyak yang nilai kok kecil y untuk ukuran 10.000 MAH, memang kecil karena menggunakan baterai LiPo, bukan Li ion yang memakan tempat seperti baterai 18650. maaf y min klo kepanjangan penjelasannya. gihihihi

    ReplyDelete
  56. Gan, ini asli gak kira2? Bilang nya original, garansi 1 tahun tp harga murah..

    https://www.tokopedia.com/duniaelectric/powerbank-veger-v50-12000mah-original-real-capacity

    ReplyDelete
  57. Min saya baru beli Power bank merk Robot rt400 13200mAh
    Seharga 240rb itu kira2 asli gan min?? Kualitasnya bagus gan min???

    Tolong di jawab
    Trimaksih min

    ReplyDelete
  58. saya pedagang powerbank di pedalaman sulawesi. Powerbank veger memang lagi naik daun, kecil, ringan, tipis, ada konektor built in body, ada adaptor ke iphone. Sesuai pengalaman test semua pb veger rata2 real capacitynya 50%. Untuk veger 20000mah yang terbesar saya bisa pake 3 kali full ke mi4 (3000mah) dalam kondisi menyala. Real 50% ini berlaku untuk semua seri veger 12000mah, 12800mah dan 10000mah. Veger 13000 beda lagi, pb ini hampir real capacity dengan cell batt18650 yang besar, makanya agak berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngecarge PB veger yg 10000 mAh berapa lama gan...?

      Delete
    2. Ngecarge PB veger yg 10000 mAh berapa lama gan...?

      Delete
  59. saya pedagang powerbank di pedalaman sulawesi. Powerbank veger memang lagi naik daun, kecil, ringan, tipis, ada konektor built in body, ada adaptor ke iphone. Sesuai pengalaman test semua pb veger rata2 real capacitynya 50%. Untuk veger 20000mah yang terbesar saya bisa pake 3 kali full ke mi4 (3000mah) dalam kondisi menyala. Real 50% ini berlaku untuk semua seri veger 12000mah, 12800mah dan 10000mah. Veger 13000 beda lagi, pb ini hampir real capacity dengan cell batt18650 yang besar, makanya agak berat.

    ReplyDelete
  60. Klo PB vivan robot rt-g3 bagus ngk min

    ReplyDelete
  61. Selamat pagi gan.. Mau nnya kalo PB veget itu bagus ga si?? 10.000 mah harganya 85rb n ada garansinya satu thun tpi bener ga tu ya pb nya.. Maksh gan sebelumnya.. Mohon jawabannya ya..
    Salam jaya selalu..

    ReplyDelete
  62. Nanya dong soalnya masih newbie, aku pake PB Veger 10000mah kalo di charge warna lampunya merah kedip2. Gimana caranya biar tau klo baterainya udah penuh gimana ya? Ganti warna ato tetep merah tp gak kedip2 lagi? Makasih.

    ReplyDelete
  63. Yang make PB veger 10000 mAh ngecarge nya berapa lama ya...

    Ditunggu jawabannya...please & thanks

    ReplyDelete
  64. bisa ga gan di email ke vipstudiomusik@gmail.com nama2 power bank yg berkualitas, tks

    ReplyDelete
  65. Gan ane habis beli powerbank robot 10.000 mAh... harga 160 rb.. kira kira masuk akal gak gan ?

    ReplyDelete
  66. Yang berkualitas dan murah ..

    Veger 10.000mAh rp.80rb garansi 1th
    Vivan Robot Rt.6800 6600mAh rp.110.000 garansi 1th
    Vivan 4000mAh rp.105.000 garansi 1th

    itu sih yang sudah teruji dan gak diragukan lagi, powerbank abal2 biasanya Murah, gak ada garansi, sipenjual tak menjelaskan kelebihan dan kekurangannya secara fakta. Samsung, asus, sony yg Asli biasanya dijual diatas 550K !!
    Tipsnya "jangan mudah tergiur dengan harga murah " hehe

    ReplyDelete
  67. Klo power bank merk Robot bagus gak? Saya baru beli robot rt -g3

    ReplyDelete
  68. Anker adalah salah satu produk terbaik dan terpopuler di kalangan powerbank. Anker menempatkan dirinya pada jajaran merek terbaik untuk aksesoris gadget dengan kualitas dan teknologi terbaik.
    Diproduksi dengan Bahan berkualitas tinggi dan finishing menggunakan
    aluminium-alloy memberikan kenyamanan saat digenggam.
    Dengan teknologi PowerIQ yang di integrasikan dengan VoltageBoost teknologi
    dan Quick Charge 3.0 membuat proses pengisian baterai perangkat Anda
    menjadi lebih cepat 70%.

    ReplyDelete
  69. Pb yg kompatibel dgn hp samsung galaxy grand neo plus apa ya min?
    Prnh di tawari pb hippo eve 10.000 dgn hrg 180 rb..itu bagus ga sih min?

    ReplyDelete
  70. Pb yg kompatibel dgn hp samsung galaxy grand neo plus apa ya min?
    Prnh di tawari pb hippo eve 10.000 dgn hrg 180 rb..itu bagus ga sih min?

    ReplyDelete
  71. Saya pake pb robot,,vaivan,,sama samsung ori...yang sering saya pake robot rt9000...dah 6bulanan masih awet...cuman agak lma ngecasnya....kalo vivan lumayan cepat....apa lagi pb samsung.?.

    ReplyDelete
  72. Saya mau nanya ni min power bank veger 25000 mah bagai mana cara matiin nya yak ??

    ReplyDelete
  73. Min powerbank ku merk hippo kapasitas 10000 mAh dngn harga 200rbu ' kira2 ori/bagus tidak? Mohon jawabannya min

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Gan kalo powerbank veger 20.000mah dgn harga 120K dan ada garansi 1tahun, bagus tidak gan?

    ReplyDelete
  76. Gan kalo pb yang mempunyai fitur" yang di sebutkan itu merk apa ....n type berapa , tertarik sihh...mau beli yang kayak gitu ,biar aman

    ReplyDelete
  77. Min, blh mnta wa nya? Mau tanya2 seputar pb... Blh dong ��

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android