Smartphone Tanpa MicroSD? Pilih Gak Ya?

Cukup banyak beredar smartphone yang mana tidak memiliki dukungan memori eksternal. Ya, Smartphone Android yang tanpa dukungan memori eksternal biasanya sudah memiliki memori internal yang besar  yakni berukuran 16/32/64 GB. (kecuali Sony Xperia U yang hanya memiliki 4GB internal tanpa microSD).

Adapun Kelemahan Smartphone tanpa microSD adalah...

Pertama - Jika suatu saat kita salah memasukan pola kunci, lalu kita suruh memasukan username+password akun Gmail, eh tapi kita lupa, maka terpaksa harus factory reset lewat recovery mode dan semua data-data seperti gambar, foto, video, musik akan hilang hal ini karena semua data2 tersebut tersimpan di internal storage.


Kedua - Jika tiba-tiba smartphone mati karena berenang di air atau jatuh, ataupun kerusakan software seperti stuck di logo/softbrick/hardbrick/dll maka tentunya data-data di smartphone tersebut hilang tak terselamatkan lain halnya dengan Smartphone yang terdapat slot microsd, apabila rusak bootloop/stuck/brick/rusak karena jatuh/kecempelung, saya yakin, microSD tersebut terselamatkan dan data-data didalamnya aman dan sehat sentosa.

Ketiga - Smartphone tanpa microsd apabila ingin mentransfer data ke komputer harus lewat kabel usb. Lain halnya dengan smartphone dengan fasilitas microsd, jika ingin mentransfer data bisa lewat usb ataupun cardreader.

Jadi, bukan berarti kita membeli smartphone tanpa microsd merupakan pilihan yang salah, selama kalian merasa yakin data-data didalamnya akan aman, maka boleh-boleh saja. 


1 Response to "Smartphone Tanpa MicroSD? Pilih Gak Ya?"

  1. Min..
    Saya sdh copy vending(googleplaystore) apk ke system/app, tp begitui di paste failied ? Pake rootexploler

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android