Mengenal Baterry Double Power

Mengenal Baterry Double Power - Dalam dunia handphone, dikenal 3 jenis baterai. Adapun ketiga jenis baterai tersebut adalah baterai KW, Ori, dan Double Power. Baterry KW merupakan jenis baterai yang paling murah, daya tahan tentu dibawah baterai ori. Untuk baterai ori 100% setahu saya hanya tersedia di galleri vendor seperti Nokia Care (Nokia), SSC (Samsung), dll dan harganya tentu lebih tinggi (75-150rb). Jika kalian membeli handphone/smartphone baru (segel), sudah pasti baterainya merupakan baterai ori 100%

Nah yang kali ini dibahas adalah baterry double power. Baterai doble power kini sudah banyak beredar dengan label "Double Power", "Super High Capacity", "Long Lasting", dll. Benarkah baterai double power benar2 daya tahannya 2x lebih baik?



Seperti kita ketahui, baterry double power menawarkan kapasitas yang lebih besar dari orinya. Misal : baterai originalnya berukuran 1200 mAh, maka dengan type yang sama, baterai double power ada yang berkapasitas 3000 mAh. Disini jelas terlihat, kapasitasnya 2.5x lipat namun jika dilihat dari fisik baterai, bentuk, ukuran, dan volumenya sama. Kebanyakan baterai double power memang tidak sesuai dengan kapasitas yang tertera di kemasannya. 

Sebenarnya besar mAh baterai dapat diukur secara akurat dengan alat Baterry Analyzer. 



Baterai double power dalam arti sebenar nya (kapasaitas 2x lebih besar dari ori) tidak ada, selama ukuran, berat nya, dan bahan nya (lithium ion) sama.  Baterai double power yang dijual dengan kapasitas yang melebih-lebihkan, bisa saya katakan bahwa kapasitas baterai itu PALSU, misalnya baterai original Samsung Galaxy Y : 1200 mAh sementara ada baterai double power misal merk "X" untuk Galaxy Y yang berkapasitas 3250 mAh. Jelas baterai "X" ini berbohong dalam hal kapasitasnya. Mengapa? Karena secara logika apabila ukuran dan beratnya sama dengan baterai Ori, tidak mungkin kapasitasnya bisa sampai 2X lebih besar.   Samsung dan brand lain kalau sudah bisa buat dengan kapasitas segitu tinggi mereka pasti buat, apabila Samsung, Nokia, dan brand terkenal lainnya mencantumkan kapasitas tidak sesuai, tentu dapat di tuntut dan bisa menjatuhkan nama baik mereka. Lalu kapasitas yang tercantum di label merek2 double power apa ada yang menjamin? apa ada setifikat seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) yang menjamin kapasitas di lebel? TIDAK ADA. Para importir cuma mencantumkan lebel dengan kapasitas besar dan embel-embel "Double Power" cuma untuk menarik minat pembeli saja.

Jadi baterai Double Power jelek ?

Baterai double power tidak jelek, rata-rata kapasitas  mendekati baterai original nya, sudah cukup bagus dengan harga terjangkau, cuma jangan berharap banyak dengan kapasitas yang tercantum di label nya saja.

------------

Baterai  bawaan langsung dari hp ketika beli hp baru segel 100% original dan kualitasnya bagus begitu juga baterai yang dijual di dealer resmi/service center resmi (misal, Nokia : Nokia Care, Samsung : Samsung Service Center, dll), tapi baterai original dari toko-toko belum tentu original 100% dan apabila harganya jauh lebih murah sudah dipastikan kualitasnya abal-abal. Sekedar info, harga baterai Nokia/Samsung Original harganya diatas 100ribu.

Apa baterai duble power aman dan tidak merusak handphone/?

Aman dipakai, karena baterai tersebut sudah ada IC Protection nya, jadi apabila terjadi koslet atau overcharge baterai akan aman tidak terbakar. Baterai double power itu sama seperti baterai bawaan hp, bahannya sama lithium ion, ada ic protection, dengan tegangan opersional nya 3,7 s/d 4,2 volt, cuma di label nya saja yang di "double" in mAh nya.
Jadi tidak merusak hp selama pemakian nya benar.

Apakah Baterai Double Power Mudah Rusak?

Isi baterai baterai double power berbahan lithium ion, dan umur baterai lithium ion adalah 500-1000x siklus penge-charge-an. Jadi umur nya baterai tergantung cara kita nge-charge, kalo kita sering2 nge-charge belum habis masih diatas 50% sudah di charge, sehari bisa 2-3x charge, kalo setahun ada 365 hari berarti tidak sampai setahun sudah turun kapasitas nya. Dan baterai berbahan lithium ion (termasuk yang original) tidak tahan panas, jika dipakai suhu hp dan baterai diatas 40°C terus menerus akan terjadi gas di dalam beterai, akhir nya jadi gembung. Baterai gembung sudah turun kapasitas nya dan dapat merusak tutup baterai, menekan LCD dan jika terus dibiarkan panasnya, bisa meledak Jadi berhenti lah, matikan aplikasi supaya suhu turun, jika masih panas juga, matikan hp dan lepaskan baterai, tunggu sampai suhu normal kembali baru pasang kembali.

Berapa lama ketahanan baterai double power?

Kapasitas baterai double power tidak beda jauh dengan baterai original, malah ada yang di bawahnya. jadi berapa lama ketahanan nya, sama seperti baterai original nya, bahkan ada yang kurang. Ketahanan bergantung dari kecerahan layar, aplikasi yang berjalan di belakang, makin banyak aplikasi yang berjalan makin cepat habis baterai nya, dan sinyal hp, semakin lemah sinyal diterima, hp jadi cepat panas, dan baterai juga cepat habis

Apa merk baterai yang recomended selain baterai ori?

Dari hasil saya browsing. test kapasitas baterai, dan pengalaman pengguna-pengguna lain yang sudah memakai baterai double power, saya berhasil mengumpulkan data-data merk-merk baterai yang bagus (kapasitas sesuai dengan yang di label) dan merk abal-abal (kapasitas tidak sesuai sebenarnya. Namun merk-merk tersebut sengaja tidak saya sebutkan disini, jika kalian ingin mengetahuinya silahkan kontak saya lewat wechat saja : ilmu-android


Apakah kalian tertarik ingin mencoba baterai double Power? Atau barangkali kalian ada yang sedang/sudah pernah mencoba memakai baterai double power? Share pengalamannya dikomentar dibawah ini


101 Responses to "Mengenal Baterry Double Power"

  1. kekuatan battrey nya sampai brp jam agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 yang bagus merk apa yah?

      Delete
    2. Sy pernah beli baterai double power di tokopedia. Garansi 1 thn. Logonya gambar tangan menggenggam. Menutku yg ini bener2 double power karena habisnya agak jauh lebih lam dr yg ori. Dan fisik baterai lebih berat dari yg ori. Tapi emang harus hati2 pilih merk karena mungkin banyak yg bohongan.

      Delete
  2. Gan kalo hp yg dah di root + dah dibuka segelnya masih dapet garansi nggak.........??

    ReplyDelete
    Replies
    1. HH yg sudah di ROOT sudah hilang garansinya.. Cmiiw

      Delete
    2. HH yg sudah di ROOT sudah hilang garansinya.. Cmiiw

      Delete
  3. ane udh pake batere double power yg ini gan , udh pake beberapa hari dipake . batere ya jadi lebih kuat , ane beli yg paling bagus , takut nya kalau beli yg murah malah jelek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan baterai doble power yg bagus ya?? Merk nya kalo boleh tau apa ya gan??

      Delete
  4. batere double power tu boongan.....kemaren beli, g ada bedanya sama batere ori gw yang dah bocor, setelah complain yang jual jg ngaku....#@$%&^&&#

    ReplyDelete
  5. Batre double power apa yg bagus gan? Buat samsung infinite

    ReplyDelete
  6. Ane recomended baterai merk DSBC, dikenal jarang komplain gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo DSBC bagus yg warna hitam / silver stainlees? bedanya apa ya ? makasih

      Delete
  7. Saya setuju untuk baterai merk DSBC, memang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo DSBC bagus yg warna hitam / silver stainlees? bedanya apa ya ? makasih

      Delete
  8. Merk ADS juga bagus kan..
    gw pkai buat si BB... lumayan awet daripada yang orinya...
    cuma bedanya yg ori tetep kurus, yg DP cepet hamil...
    :D

    ReplyDelete
  9. kalo kerapatan ion nya berbeda ya kapasitas nya juga bisa berbeda gan meskipun ukuran baterai nya sama.. #blajar dari panel matahari
    #CWIIW

    ReplyDelete
  10. kalau double power yang lebih awet pasti volumenya lebih gede,

    ReplyDelete
  11. gan., kalo batre DP yang bagus buat androit oppo apa ya gan?

    ReplyDelete
  12. dobel power yang bagus buat samsung gt s6310 apa

    ReplyDelete
  13. gan double power yg bagus buat samsung galaxy s4 apaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue saranin cari yang merek dpnya vizz gue dah coba tahan bener

      Delete
    2. Gue saranin cari yang merek dpnya vizz gue dah coba tahan bener

      Delete
  14. Saya juga baru pesan baterei double power buat cross a7s. penasaran sama hasilnya nanti

    ReplyDelete
  15. Kenapa plastore saya tidaj bisa coba jelaskan

    ReplyDelete
  16. Gan..saya pake battery li-ion doble power 2800mah untuk andromax c. Nah kta tkang conter batery itu bahaya buat hp karena klebihan daya. Bisa mrusak hp. Karena battery ori nya cuma 1420mah. Apa btul bgtu gan? Tqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan batasan daya yg dikluarkan ada gan,, mau 20000mah klo outputnya 3,7 vol ya tetp sama aja, ga akan membahyakan hape, cma masalahnya sprti yg diartikel,daya besar tentu tmpat jg hrus besar.

      Delete
    2. gan,,sya punya evercoss A5B,baterainya cpt hbs krn cuma 1000mah,,ada saran batrai yg bagus & tahan lama..? prkiraan harganya brp..?
      mkch

      Delete
  17. gan, ane pny samsung galaxy s3 mini. brmslah pd sinyalny hilang/no signal. ud ane cb flashing ulang, ttep ngk ad sinyal. trus ane bawa ke samsung center, katany yg rusak cpu buat sinyal sharga 800rb. itu bner ngk gan?
    trus ane baru dibilang kalo baterai ny juga kembung, boleh tau ngk gan harga baterai orinya s3 mini brpa? mhon dbls gan.

    ReplyDelete
  18. Klo batre DP yang bagus harganya mahal gk pp, buat BB Gemini CDMA. Merknya apa yha??

    ReplyDelete
  19. berarti baterai yg aneh beli kapasitas 3500 MAh itu boong dong gan ???

    ReplyDelete
  20. Baterai double power merk hippo bagus ga gan??

    ReplyDelete
  21. gan batrei apa y yg cocok untuk andromax c....?

    ReplyDelete
  22. terima kasih infonya. sangat bermanfaat. setau saya baterai double power yang paling bagus itu merk superlion kalo di bilang sama orang konter bapaknya baterai karena vendornya memang langsung dari superlion yang memproduksi baterai li-ion

    ReplyDelete
  23. Sangat Lengkap ulasannya ..
    tentang bateray double power, memang tidak masuk akal jika kita lihat secara kasat mata saja sama (berat, jenis, dll) memiliki tegangan yang lebih besar dari bateray ori, sedangkan harganya pun bisa lebih murah.....

    ReplyDelete
  24. Batre DP..?? Silah anda beli jika berat dan tebal batre itu 2x lipat dari batre ori. Jika tebal dan beratnya sama dgn ori, berarti anda cm beli batre di bawah ori, bkn DP. Setahu saya baru hp merk Sxxxxng yg ada batre DPnya, itupun anda harus beli1 set dgn casing penutup belakangnya, krn battre DP 2x lebih tebal dari batre biasa.

    ReplyDelete
  25. Saya jg prnh lht di film, ada actor yg pakai hp di bagian casing penutup batre menonjol. Dan setahu saya, batre DP + Casing itu baru di jual online. Tapi krn melihat bentuk hp belakangnya jadi menonjol dan dirasa kurang nyaman, saya jadi gak tertarik. Pilih Power Bank saja

    ReplyDelete
  26. agan putro memang ada baterai double power yang bagus tapi harganya. kalo power bank bisa sebagai alternatif cadangan untuk baterai smartphone anda. tapi hati hati membeli power bank sekarang ini. banyak yang sudah di palsuin merk merk terkenal kalo tidak mau berisiko dengan smartphone kesayangan anda beli yang bagus harganya juga bagus ada harga ada kualitas pastinya

    ReplyDelete
  27. Merk ADSS jga ok gan,ua jga lgi pake.

    ReplyDelete
  28. gan hp q bb dakota, kira2 batre double power apa ya yg recomended?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk mengetahui merk baterry double power yg recomended silahkan kontak saya lewat wechat/line

      Delete
  29. Baru semalem beli dp merk jaspan.. gatau hasilnya gimana ni belum di isii penuh.
    Saran buat agan agan.. kalo mau android agan ga boros.. abis cas jangan di pake atau jaringan datanya di non aktifkan.. di jamin hemat
    Semua android emang boros gan
    Sekalipun pakai batre dp

    ReplyDelete
  30. Replies
    1. saya baru dengar merk itu, saya kurang tahu kualitasnya

      Delete
  31. Emang bener tuh kayanya gaada batre dp, ane beli kemaren 90rb tp sama aja kaya batre samsung ane yg udh bocor. Nyesel beli lah :'(

    ReplyDelete
  32. yang paling buuuuagus apa ya gan..

    ReplyDelete
  33. Klo merek vizz bagus gk gan

    ReplyDelete
  34. Gan kalo pake GS sama YUASA ada yang DP ga ya?

    ReplyDelete
  35. pake alkalin aja :D semua nya

    ReplyDelete
  36. Anda salah min,, ukuran sama tapi kapasitas beda itu hal yg mungkin min.. ini jaman canggih, cuntoh nya hp jadul jaman dulu besar2 gak ada yg tipis, tpi anda lihat sekarang hp tipis tapi isinya melebihi hp jadul yg besar. Dan contoh lgi microSD ukuran sama tapi kapasitas beda, ada yang 1GB.2GB.8GB dan lebih besar lagi,, belajar dulu min jgn asal jeplak..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan dia dah ngetes pake alatnya sodara

      Delete
    2. Kan dia dah ngetes pake alatnya sodara

      Delete
    3. Anda yg hrs byk belajar dan membuktikan omingan anda secara ilmiah tentang topik ini {baterry} bukan memori dll. Belajar teorinya dulu gih.. Daya, ampere, luas penampang dll. Kl mau asal sebut gw jg bisa, neh "kenapa kabel listrik gk pake kabel yg kecil aja, sehingga gk perlu tiang2 beton yg berat dan susah masangnya.?" #mikirkerasdeh

      Delete
  37. Masih bingung,
    Jdi lebih enak yg mna? Yg ori atau double power?

    ReplyDelete
  38. assalamu'alaikum, gan :v, ane make baterai double power gan di HP Lenovo a316i ane, alhamdulillah cukup bagus gan, :v pas awal awal make baterai irit banget gan, biasanya nge charge HP 2 kali sehari, jadi 1 kali sehari (itupun baterainya belum sampai sekarat), :v tapi lama kelamaan ketahanan baterainya menurun :v jadi agak cepet habis gitu, mungkin karena ane makai HP nya sampai panas banget gan... :v ada pelajaran nih gan, pakailah segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebih lebihan, ntar kaya HP ane nih, sampe sekarang suka mati sendiri, kan sedih :'v...

    ReplyDelete
  39. gua baru beli batre dp merk MCOM harganya 90rb buat evelate a66a. kalo bagus ntar gua kasih tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmna gan awet ndak secara penggunaan pda umumnya? coz ane jg mo beli takut cm abal2 yg terjadi stlah beli, ane tunggu inponya, trims

      Delete
  40. gua baru beli batre dp merk MCOM harganya 90rb buat evelate a66a. kalo bagus ntar gua kasih tau.

    ReplyDelete
  41. Gan saya bli merk log-on baru beberapa hari dipakai udh drop

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada garansinya tidak? kalau ada silahkan klaim garansi tersebut

      Delete
  42. Dp merk log-on bagus ga yaa gan??

    ReplyDelete
  43. Gak ada yang bagus, gitu aja

    ReplyDelete
  44. Biasakan membaca koment lain dulu sebelumnya, baru ikutan koment atau bertanya...

    ReplyDelete
  45. Cuman baterai idol yang bagus.. Kapasitasnya real... Saya pke bb 9790 bellagio, full 3G,BBM, browser dalam pemakaian normal tahan 12 jam tu pun sis baterai 30%.. Harga agak Mahal tapi kualitas tidak mengecewakan

    ReplyDelete
  46. admin mengumpulkan data - data dari pengguna lainnya dan hasil browsing jadi jangan ada yang menyalahkan . . . . ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju gan...yg penting klw udah ada yg nyoba dp dan bagus kualitasnya...silahkan berbagi info...thanks

      Delete
  47. Mau tanya, mengapa baterai double power yg saya beli sebesar 4000mah tidak bisa di charge sampai penuh di hp oppo joy 3 ?
    Tolong infonya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda beli baterai tersebut dengan harga berapa, merk apa? Apakah ada garansinya? Jika dicharge hanya bisa sampai berapa persen baterainya?

      Delete
  48. Klo dp buat note 4 apa enaknya ya gan? Thx

    ReplyDelete
  49. maaf min carikan jawaban buat batre merk mcom itu apakah bisa awet dan tahan pemakain pada umumnya? soalnya takut beli klo ternyata batre cuma abal2, bertuliskan mah nya gede tp kapasitasnya di bawah standar ori.

    ReplyDelete
  50. Batre merk vizz vs dsbc bagus mana min.?

    ReplyDelete
  51. gue mau beli yg double power buat bb 9780, tapi gatau mau beli yg kaya gimana dan mereknya apa, sebenernya yg bener" awet dan bener" bagus itu merk apa si?? jaman siki kan banyak kw palsu aduh. pembodohan publik.. jadi gimana?

    ReplyDelete
  52. aku dh beli merk Mcom kalo oke ane kasih tau

    ReplyDelete
  53. semisal jika saya bermain game menggunakan batre ori daya tahannya selama 2-3 jam. apakah dengan batre double power daya tahannya lebih lama atau sama saja atau mungkin lebih cepat??
    mohon pencerahannya om☺

    ReplyDelete
  54. semisal jika saya bermain game menggunakan batre ori daya tahannya selama 2-3 jam. apakah dengan batre double power daya tahannya lebih lama atau sama saja atau mungkin lebih cepat??
    mohon pencerahannya om☺

    ReplyDelete
  55. Yang melebihi original nya mah nya adalah battery idol
    Misal nya
    Nokia bl 4c 1000mah
    Battery idol 1050mah
    Battery idol adalah battery asli
    Yang kapasitas naya atau mah nya
    Melebihi battery bawaan atau battery original

    ReplyDelete
  56. Kalau kalian masih ga percaya dengan battery merek idol
    Atau kalian bisa cari info tentang battery merek idol
    Di google

    ReplyDelete
  57. @Firman Ramdiana mungkin dia sales.nya, lagi promosi dia, makanya di suruh search di gugel.... bahahahaii

    ReplyDelete
  58. OH gan...tolong dibantu
    ane punya acer m220.. baterai DP yg bagus merek apa gan.. tankqiuuuuu

    ReplyDelete
  59. UDAH BELI BATERAI DP , MCOM DAYA TAHAN SEDIKIT LEBIH BOROS DARI YANG ORI,,,IYA BENER EMANG DOBEL POWER CUMA LABELNYA DOANG 5000mAh

    ReplyDelete
  60. Sebelum memutuskan membeli batre double power merk ST...4850mah sdh ada keraguan, ternyata bnr! setelah 7bln mulai ngedrop! yg bikin salut pd kemasan tertera "made in Japan".Yg lbh lucu lagi di apk penghemat batre muncul data kapasitas batre tsb 1000mah! luar biasa!

    ReplyDelete
  61. apakah ada id lain selain wechat? saya ingin menanyakan untuk reff jenis batt itu..
    thanks a lot before ya.

    ReplyDelete
  62. Ane beli baterai DP merk vizz buat Zenfone 4 ane di cas berjam-jam ga penuh" bahkan ga bertambah sama sekali (posisi HP off) nyoba klaim tuker sama yg baru... Tetep sama aja... Rugi deh ga ke pake... :(

    ReplyDelete
  63. Ukurannya sama beratnya beda yg mbedakan kepadatan komponen dalamnya.contoh batrei motor 7mAh dng 5mAh saya timbang beratnya beda padahal ukuran dan bentuknya sama.lebih berat 7mAh.

    ReplyDelete
  64. Gan ane pake samsung s4 batre ada label sein cuman saat di pakei capet habis paling 3 jam pemakean.. dan yg parah batre masih 20% dia langsung mati tanpa pemberitahuan sama sekali dan saat dicharger dia nol..
    Apa itu karna batrenya apa karna hardware hpnya gan.. tolong gan..?

    ReplyDelete
  65. Yg bagus buat xiaomi redmi note 2 apa gan?

    ReplyDelete
  66. Dulu juga pernh punya dobl pwer... merk dsbc awet buat nokia biasa

    Ini rencana mau buat beli dsbc buat s4 tp mahal 200 an hiks...

    ReplyDelete
  67. Beli baterai mcom 5000mAh ternyata pas dichek di baterry doctor hanya 1000mAh.

    ReplyDelete
  68. mau nanya , saya punya hp advan s4h kapasitas baterai 1300 MAH , nah di cas 2 jam tapi di buat internetan cuman 1 jm doang abis , terus aneh nya kalo pas di bawah 40 persen itu batre menurun dalam hitungan detik , cepat sekali.terus apabila batre dalam keadaan 100 persen terus batre di cabut ,terus di pasang lagi akan berkurang 50 persen , itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
  69. Sedikit saran, alvaro, hippo, panda, dsbc, bagus tuh...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android