Mengenal Face Unlock



Seperti kita ketahui Fitur Face Unlock adalah fitur pengenal wajah yang bertujuan untuk mencegah orang yang jahil yang ingin membuka isi ponsel anda namun bisa saja terjadi kegagalan dalam mengenali muka pengguna.  Sebenarnya awal Fitur Face Unlock sudah terdapat juga pada Notebook namun di OS Android 4.0 ICS inilah Fitur Face Unlock ini sudah include di dalamnya tanpa perlu aplikasi tambahan lagi.

Apa syarat utama Fitur Face Unlock ?

1) Memiliki OS Android ICS
2) Memiliki kamera depan

Yupz, OS Android ICS merupakan OS yang pertama kali membawa fitur face unlock. Smartphone pertama yang memakai Face Unlock adalah Galaxy Nexus. Nah fitur face unlock tersedia bila sebuah smartphone wajib memiliki kamera depan. Sebagai contoh HTC Desire C sudah memiliki OS ICS namun karena tidak memiliki kamera depan maka tentu tidak ada face unlock. Lalu bagaimana dengan LG Optimus L7 yang sudah ICS dan sudah ada Kamera depan ? Mengapa tidak ada Face Unlock ? Hal ini sebenarnya tergantung dari vendornya saja apakah mau memberikan fiturnya atau tidak. LG Optimus L7 akan dijanjikan diberikan fitur face unlock pada update terbaru.

Fitur face unlock ini menjadi suatu kemewahan pada Android Ice Cream Sandwich. Namun fitur keamanan ini jadi terasa kurang ketika ditemukan kelemahannya. Face Unlock pada Ice Cream Sandwich ternyata bisa ditipu menggunakan foto penggunanya. Sebuah video yang diunggah di youtube mengungkapkan terdapat celah keamanan yang terdapat pada fitur unggulan Android 4 yaitu face unlock. Di dalam video tersebut, soyacincautv menguji face unlock Android 4 yang terdapat pada Samsung Galaxy Nexus dengan cara membuka Nexus dengan menunjukkan foto digital dirinya dengan Galaxy Note, dan hasilnya Nexus terbuka.

Nah Kini Google telah memperbaiki hal itu sehingga pencuri yang bersenjatakan foto Anda tidak lagi akan dapat membuka Face Unlock. Dalam pemutakhiran bernama "Liveness Check" ini Google memperketat keamanan smartphone Android dengan memperbaiki fitur Face Unlock. Di OS Android terbaru Jelly Bean, fitur keamanan menggunakan teknologi pendeteksi wajah ini, pengecekannya menjadi lebih 'hidup'. Yang dimaksud lebih hidup disini, pengguna harus mengedipkan mata agar Face Unlock memastikan bahwa benar si pemilik ponsel atau tablet tersebut yang akan mengakses (unlock). Namun fitur ini masih bisa diakali dengan video wajah pemiliknya yang berkedip. Eitss tapi mana ada orang yang memiliki video wajah dengan mata yang berkedip si pemiliknya.

Hmm tapi menurut saya password/pin/pattern unlock lebih aman daripada face unlock ini

#Dirangkum dari berbagai sumber

Cara setup face unlock
Sumber : Gopego


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk setup Face Unlock adalah membuka Setting menu di perangkat Android ICS, pilih 'Personal Settings,' di bawahnya bisa Anda temukan 'Security' dan di dalam 'Security' pilih 'Screen Lock.'




Anda akan menemukan opsi Face Unlock di menu Screen Lock. Pilih dan Anda akan dibawa masuk ke Face Unlock setup. Meskipun Anda memakai fitur ini perlu dipahami bahwa penggunaan password atau PIN masih tercatat lebih aman melindungi ponsel dibanding Face Unlock.





Setelahnya Anda akan mendapati lampu kamera depan berkedip saat Anda Anda klik 'Set It Up.' Tahan kamera di depan wajah untuk mendaftarkan wajah Anda pada software Face Unlock. Setting ini juga memberikan alternatif tambahan berupa PIN jika suatu waktu software gagal mengenali wajah Anda.






Setelah konfigurasi tersebut, kamera depan akan aktif setiap kali keluar dari sleep mode dan menunggu untuk deteksi Face Unlock. Video di bawah ini akan memberikan gambaran detail tentang setup Face Unlock di Android Ice Cream Sandwich:


23 Responses to "Mengenal Face Unlock "

  1. brarti samsung galaxy SIII bsa donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa boss aku aja galaxy note bs udah coba jg :D tp dkm beberapa detik face kita ga ke detect lsg minta pin kok.. Jd klo yg ga tau pin qta tetep hp ga bs kebuka

      Delete
  2. makasih mas ari repiunya akhirnya ane ngerti gk smua android ics bisa face unlock!!!

    ReplyDelete
  3. gan harga samsung galaxy Note II berapa ya

    ReplyDelete
  4. Rp.7,500,000,
    jangan lupa saya beliin juga wkwk

    ReplyDelete
  5. mo nny kl smisal dr brbgai screenlock diatas tba2 lupa pin ato wjah gak dkenali ato lupa pattern trus kl mo msuk pke cra apa y?mksih

    ReplyDelete
  6. pake masukin password akun google

    ReplyDelete
  7. Gan sony xperia miro bisa gak gan?

    ReplyDelete
  8. optimus L7 ku kok gak ada option face unlock nya???

    ReplyDelete
  9. Udah coba. Menarik fitur tersebut. Pake LG Optimus L9 :)

    ReplyDelete
  10. wkwkwkekwk Kalo cuma begituan galaxy y ane jg bisa gan pakai FaceLock cari aja di google play :D

    ReplyDelete
  11. klo ponsel dengan vendor cdma misalnya smartfren andromax i, bisa g boss

    ReplyDelete
  12. iya boss gmna klo cdma tp os nya sudah ics

    ReplyDelete
  13. yg penting ics keatas, + ada kamera depan

    ReplyDelete
  14. Di galaxy fame bisa gak?
    OS Jelly Bean ama Ada kamera depan

    ReplyDelete
  15. cari di playstore aplikasi face unlock

    ReplyDelete
  16. Kalo sony xperia z ,z ultra ,z1 pada bisa pake face unlock ?

    ReplyDelete
  17. min kalo di sony xperia M bisa face unlock ga makasih ?
    Ane masih newbie niehh hahaha

    ReplyDelete
  18. min kalo di sony xperia M bisa face unlock ga makasih ?
    Ane masih newbie niehh hahaha

    ReplyDelete
  19. min kalo di sony xperia M bisa face unlock ga makasih ?
    Ane masih newbie niehh hahaha

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android