Berbagai Macam Sensor Pada Android dan Fungsinya

macam-macam Sensor Android dan fungsinya
Berbagai Macam Sensor Pada Android dan Fungsinya Pertama-tama Ilmu Android mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015. Semoga di tahun 2015 ini kita akan banyak mendapat kankesuksesan. Oke lanjut ke pembahasan. Punya Smartphone Android canggih dengan spesifikasi tinggi namun gaptek dan hanya dipake buat smsan, chatingan, ngegame, download aplikasi, potret-potret, dll ? Ngga tahu fungsi sensor-sensor yang ada di Android dan kegunaannya? Oke kalau begitu langsung saja simak penjelasan Ilmu-Android mengenai berbagai macam sensor yang ada pada HP Android.

Macam-macam Sensor di HP Android dan Fungsinya

Accelerometer Sensor
Berfungsi untuk mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat. Sensor ini diperlukan pada beberapa game seperti Asphalt, Raging Thunder, dll yang mana berkat adanya sensor ini kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri

Orientation Sensor
Sensor ini berfungsi untuk mengetahui orientasi ponsel dan mendeteksi posisi dari smartphone apakah dalam mode landscape atau portrait. Sensor ini digunakan untuk rotate layar secara otomatis.

Proximity Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa kontak fisik dalam jarak tertentu. Sensor ini berperan ketika saat ada panggilan. Pernahkah kalian ketika menelpon tiba-tiba layar mati? Ya, itulah kerja Proxity Sensor. Ketika menelpon, tentu Smartphone Android kita akan didekatkan ke telinga kita, andaikan layar masih on, maka perintah menu di layar bisa terpilih karena tersentuh oleh pipi/telinga kita.

Ambient Light Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya / kuat penerangan di sekitar smartphone. Berperan dalam perubahan Brightness/kecerahan layar. Berkat sensor ini jika kita ada di luar rumah dibawah sinar matahari, maka otomatis layar akan meningkatkan brightnessnya full supaya layar tetap terlihat jelas dibawah sinar matahari., Jika kita didalam rumah/di malam hari,maka layar akan menurunkan brightnessnya agar lebih hemat daya dan tidak menyilaukan mata.

Gyroscope Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi. Gyro Sensor agak mirip dengan Accelerometer Sensor. Yang membedakan yakni Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sementara itu Gyro Sensor tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Gyro Sensor mampu mendeteksi arah atas, bawah, kiri, kanan, maju, mundur, maju mundur cantik cantikgerakan rotasi, roll, pitch, dan yaw

Compass Sensor
Berfungsi untuk menentukan arah mata angin. Sebelumnya anda harus menginstall aplikasi Compass di Play Store terlebih dahulu. Dengan adanya sensor ini, maka anda tidak perlu khawatir akan tersesat di perjalanan, hutan, daerah lainnya.

Magnetometer Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi adanya medan magnet dan mengukur besarnya intensitas medan magnetik di sekitar Smartphone. Dengan adanya sensor ini, kita bisa mengetahui benda manakah yang memancarkan medan magnet kuat, lemah, atau tidak.

Barometer Sensor
Berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Sensor ini diperlukan dalam navigasi, misal anda berpetualang ke daerah tertentu, maka dengan sensor ini, anda bisa mengetahui tekanan udara di daerah yang anda kunjungi. Sensor ini juga dapat memperkirakan cuaca apakah akan/sedang baik atau buruk.

Temperature Sensor 
Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone. Dengan mengetahui besar nilai suhunya, kita bisa mengantisipasi gadget kita agar terhindar dari kerusakan yang ditimbulkan oleh suhu ponsel yang terlalu panas. Biasanya panas ini ditimbulkan oleh baterai ponsel karena aktifitas gadget yang berlebihan, misal mencharge sambil memain game atau berinternet ria. Pada beberapa gadget tertentu, sensor ini juga bisa mendeteksi suhu lingkungan sekitar

Sound Sensor
Berfungsi untuk mengukur taraf intensitas / kadar bunyi di sekitar smartphone. Bermanfaat ketika sedang menelepon atau menerima panggilan di tempat yang bising / ramai, karena sensor ini akan mengukur tingkat bunyi atau kebisingan disekitarnya lalu  menyesuaikan volume dari speaker atau mic.

Humidity Sensor
Berfungsi untuk mengukur kelembaban relatif. Bermanfaat untuk menghitung kelembaban rumah, menghitung kelembaban udara dan tanah yang cocok untuk tanaman, menghitung kelembaban kandang peliharaan anda atau masih banyak lagi lainnya. 

Fingerprint Sensor
Fiingerprint Sensor merupakan sensor sidik jari yang memberikan keamanan tinggi dalam kepraktisan. Fingerprint sensor digunakan untuk membuka lockscreen, mengakses aplikasi tertentu, membuka kunci, dan perintah-perintah lainnya hanya dengan menempelkan jari pemiliknya ke sensor ini. Sensor ini ada pada Motorola ATRIX 4G, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 4, iPhone 5S, 5C, 6, 6 Plus, HTC One Max; Philips i966 Aurora, Huawei Ascend Mate 7

Gesture Sensor 
Fungsinya adalah mengenali gerakan tangan dengan mendeteksi sinar inframerah yang dipantulkan dari telapak tangan si pengguna dan mengukur perubahan arus listrik ketika jari pengguna berada di jarak yang dekat dengan layar. Dengan sensor ini, kita bisa melakukan scrolling atau perintah lainnya pada smartphone dengan menyapukan tangan di atas layar tanpa menyentuhnya.

Heart Rate Sensor
Berfungsi untuk menghitung jumlah denyut jantung. Sensor ini ada pada Galaxy S5 dan Galaxy Note 4, pengguna hanya perlu menekan lembut jari mereka terhada sensor detak jantung yang terletak di bagian bawah kamera pada body belakang smartphone. Dengan sensor ini pengguna bisa memantau informasi fisik dan kesehatan mereka dengan didukung aplikasi S-Health.

Hall Sensor
Sensor ini bertujuan untuk mendeteksi apakah penutup depan aksesori smartphone (misal : Flip Cover) menutupi layar atau tidak. Bila cover tertutup, maka layar smartphone akan berubah ke mode sederhana (pada Samsung, disebut mode S-View) yang bisa dilihat melalui jendela/kaca flip cover.

Pulse Oximetry Sensor 
Pulse Oximetry Sensor (SpO2) adalah sensor yang mengukur saturasi oksigen tubuh dan mengukur jumlah oksigen yang dibawa oleh sel-sel darah merah. Dengan sensor SpO2 ini kita bisa tahu seberapa efektif kita bernapas dan seberapa baik darah yang sedang diangkut ke seluruh tubuh. Sensor ini hanya ada pada Galaxy Note 4.

UV Sensor
UV Sensor akan bekerja jika kita berada di luar ruangan dan dibawah teriknya sinar matahari. Sensor ini akan mengukur intensitas radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Sehingga dengan adanya sensor ini, kita bisa tahu apakah sinar matahari di luar dapat merusak kulit (membuat kulit menjadi gelap / teriritasi) atau tidak.

Cara Mengetahui Macam-macam Sensor di Android

Bagaimana kita bisa mengetahui berbagai macam sensor yang ada pada Smartphone kita? Gampang, untuk mengetahui sensor pada smartphone, kita hanya perlu mendownload aplikasi Android Sensor Box. Aplikasi ini akan langsung menunjukan berbagai macam sensor yang ada dan yang tidak ada pada smartphone kita.


Sensor Box Android
Download Android Sensor Box
Perbandingan Macam-macam Sensor Smartphone

No
Sensor
LG G3
HTC One M8
Sony Xperia Z3
iPhone 6
Samsung Galaxy S4
Samsung Galaxy S5
Samsung Galaxy Note 4
1
Accelerometer
V
V
V
V
V
V
V
2
Orientation
V
V
V
V
V
V
V
3
Proximity
V
V
V
V
V
V
V
4
Ambient Light
V
V
V
V
V
V
V
5
Gyroscope
V
V
V
V
V
V
V
6
Compass
V
V
V
V
V
V
V
7
Magnetometer
V
V
V
V
V
V
V
8
Sound
V
V
V
V
V
V
V
9
Barometer
-
V
V
V
V
V
V
10
Temperature
-
-
-
-
V
-
-
11
Humidity
-
-
-
-
V
-
-
12
Fingerprint
-
-
-
V
-
V
V
13
Gesture
-
-
-
-
V
V
V
14
Hall
-
-
-
-
V
V
V
15
Heart Rate
-
-
-
-
-
V
V
16
Pulse Oximetry
-
-
-
-
-
-
V
17
Ultraviolet
-
-
-
-
-
-
V

***

 Demikian artikel mengenai berbagai macam sensor di Smartphone Android dan fungsinya. Berdasarkan postingan tersebut, sensor-sensor apa sajakah yang dimiliki pada Smartphonemu? Seberapa besar manfaatnya?
Sekian,



60 Responses to "Berbagai Macam Sensor Pada Android dan Fungsinya"

  1. Nice artikel min. . Cara supaya kita bisa dapat sensor yg gak ada di hp kita gmana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sensor merupakan hardware gan, jadi jika memang tidak ada di hp kita, maka selamanya akan tidak pernah ada kecuali agan ganti hp yg ada sensor2 tersebut

      Delete
    2. pertanyaan yang goblog

      Delete
    3. mudah saja gan tinggal beli di OLX siapa tau cocok

      Delete
  2. min... ask , Oppo joy sma xperia E1 dual pilih mana ya? misal admin sendiri pilih mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xperia E1, batere lebih awet, layar scratch resistant glass, versi android lebih baru, sound speakernya mantapp (bisa sampai 100 dB)

      Delete
  3. ask gan... dana q 1.2-1.3 an enak nya beli Hp apa ya? seken tp gan. thanks

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali, selamat hari natal & tahun baru 2015..! haha

    ReplyDelete
  5. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca. Ijin share ya gan, thanks..

    ReplyDelete
  6. ask gan... kan mula2 uang aku 1.3 , terus ane beliin zenfone 4s.
    lah zen4s dgn harga seken segitu mutah ndak gan?
    terus zenfone4s nya tuh udah aku TT sama Oppo Neo 3, aku dapat tambah nokia 6300. kira2 untung gk gan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya rugi gan karena uang nya sudah tidak ada lagi

      Delete
  7. Gan mau nanya...,, ini mah setau agan aja yah., antara Asahi Glass 7H sama gorilla glass 2 atau 3 itu kekuatannya sama kagak sih?, minimal kuat jatoh, tapi kagak kegores gitu lah?

    ReplyDelete
  8. Menurut agan, mending beli K-touch Octa Core, harga dah pasti atau mending tungguin ASUS ZENFONE 2 RAM 4GB, harganya belom dikasih tau, tapi yang RAM 2GB-nya 2,4 jt? gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya, lebih baik tunggi Zenfone 2 RAM 4 GB

      Delete
  9. Harap segera dijawab yah pertanyaan yang diatas gan, ditunggu dan terima kasih.

    ReplyDelete
  10. ask gan... Oppo neo 3 ane kok speaker nya gak bunyi sama sekali ya? mati gitu. padahal gak jatoh gak kenapa2 lo gan, baru aja kemaren. ya emg sih sebelum itu aku utak atik file managernya, tapi masa gitu aja bisa ngaruh ama speker? padahal udah ane factory reset, wipe cache, wipe data, tp gk berhasil gan...
    kalau IC nya mungkin gak ya? ini hp ane ane serviskan gan, bayar 30. lah pertanyaan lagi gan, kira2 kalau service, buka segel, itu mungkin gak ya bikin kerusakan lain di hp gan? makasih admiin

    ReplyDelete
  11. Keren info nya gan! Gue baru tau kalo ada sensor yang mampu mendeteksi detak jantung, Teknologi smartphone bener2 canggih dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya kurang sensor jodoh saja,untuk mendeteksi pasangan hidup

      Delete
  12. Mas Admin, maaf mau tanya nih, Aku selama ini belum pernah punya hp android. Hp ku yg kupake sampai saat ini ya Nokia jadul yg hanya bisa telpon dan SMS.... Atas desakan teman2 yg sudah punya smartphone aku disuruh beli smartphone biar bisa BBMan dan WA dg teman2 tadi. Lama2 aku malu juga gak punya smartphone. Perlu diketahui bahwa aku sudah tua, umur sdh lebih dari 50 th... jadi untuk mempelajari hal2 yg baru agak kesulitan....
    Nah beberapa hari lalu aku baca di Kompas ada promosi Hp android one merk Nexian, maka aku pesanlah itu Hp Nexian Journey One. sekarang belum sampe ditangan itu hp.
    Menurut mas Admin Gimana itu Nexian Journey One? Apakah pilihan aku tepat or salah?
    Terima kasih atas tanggapannya.

    ReplyDelete
  13. Nexian Journey One sudah cukup bagus. Performanya dan spesifikasinya tergolong baik, jika anda sudah terbiasa ponsel jadul lalu ganti ke Smartphone android, tentu bukan pilihan yang salah, yang anda pintar menggunakannya

    ReplyDelete
  14. tolong nih admin ari, saya habis flash custom rom kitkat. trus saya record video. kok suara yg terekam kecil banget .
    gimana solusinya nih saya jadi gak bisa rekam konser musik.

    ReplyDelete
  15. pilih Samsung S5 atau Iphone 6 gan?

    ReplyDelete
  16. Ask gan lebih bagus mana oppo neo 3 sama asus zenfone 5
    Trimakasih

    ReplyDelete
  17. maaf nanya min, klo mau memperbaiki sensornya gmna?
    note 10.1 ane magnetic sensor ga berfungsi n rotasi layar jg ga fungsi...

    ReplyDelete
  18. Ask:
    Zenfone 4s apa tidak di dukung sensor magnetik atau hp saya rusak, di pasang aplikasi kompas not working gan?

    ReplyDelete
  19. tanya mas admin.. utk samsung galaxy J2 kok gak bisa compass sensor ya? karena di spek nya gak ada, supaya bisa solusinya gimana?

    ReplyDelete
  20. Kenapa hp samsung galaxy V plus radar kompas tidak gerak kiri kana.
    Kompas diam saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Samsung Galaxy V Plus tidak punya sensor kompas

      Delete
    2. Assalamu'alaikum min...hp yg sensornya paling lengkap...hp apa ya min...mksih

      Delete
  21. Min ask pilih redmi note3 apa honor 4c ?

    ReplyDelete
  22. thanks infonya gan, tambah wawasan

    ReplyDelete
  23. makasih banyak, kamu luar biasa, terbaik, tercanggih, terhebat, teramat sangat, menambah wawasan saya, saya menjadi lebih pintar, cerdas, dinamis, energic, lebih berwibawa dan tidak sombong.
    Tanpa kamu dunia ini mungkin kacau, tidak tahu arah, kalau kamu mencalonkan jadi presiden, tentu aku akan memilihmu, saya dan keluarga sangat berterimakasih sekali karena dengan adanya blog ini keluarga saya jadi tidak beradu argument terus-terusan.
    sebuah kebanggaan jika komentar saya ini direply oleh admin. trimasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas adminnya lagi keramas,coba lagi tahun depan ya

      Delete
  24. Gan, sensor s pen di note 4 sy bermasalah, s pen sy gak bisa digunakan. Agan ada solusi ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dicek di Samsung Service Center gan

      Delete
  25. gan bagus mana infinix zero 3 sama xiamo note 3 pro menurut agan

    ReplyDelete
  26. mkasih gan infony!!! majumundur cantik cantik

    ReplyDelete
  27. numpang nanya min.. samsung note3 saya bermasalah nih.. touchscreen pake tangan ndak bisa min, tapi kalo pake stylusnya sih ndak ada masalah nih.. masalahnya dimana itu min? thanks..

    ReplyDelete
  28. gan, gue mau nanya ni. gue ditawarin bokap gue mau di beliin hp mana, samsung glaxy note 7 atau iphone 7s, pilih mana ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih memilih nokia N70 karena selain lebih aman(tidak meledak seperti note 7) barangnya pun sudah ada dipasaran(tidak seperti iphone 7s,matamu sepet iphone 7 aja baru keluar udah mau beli 7s )

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. admin mohon tanya dan jawabannya yaa!!! :D
    kalo xiaomi redmi note 2 sama redmi note 3 dari harga dan spesifikasi dan lifetime baterai pilih mana ? (ingat yaa harganya (soalnya saya kere bukan kece)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika yang dibandingkan dua produk itu saya lebih memilih tidak dulu terimakasih

      Delete
  31. min mau tanya, saya punya xperia sp, trus setelah saya cek di setting *#*# sony untuk sensor accelerometer, sensor gyroscope, dan sensor proximity kok ga support ya tulisannya gini "this device does not support the fungtion" dan selama 2 tahun udah ga bisa autorotate layar, ga kedetek jg klo ada panggilan biasa mati sendiri (proximity sensor).. pertanyaanya apakah ada masalah dengan hardwarenya atau softwarenya? saya bingung waktu beli normal2 saja trus sekitar sekitar 8 bln saya pake sensornya udah ga jadi smpe skrg.. saya udah sering restart sama wipe factory reset, ttep aja.. mohon solusinya min. Thankyou..

    ReplyDelete
  32. ask gan pilih oppo f1s apa samsung galaxy A5 gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ibaratkan pilih rendang atau dendeng ,sama sama enak gan

      Delete
  33. gan mau tanya kalau harga temperatur sensor buat hp oppo neo7 berapaam yaaa? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. temperatur sensor tidak dijual terpisah gan...sensor-sensor diatas itu tertanam di body hp gan

      Delete
  34. Min mau tanya hp guwa ada sensor magnetiknya terus Terkena magnet apakah bisa membuat hp berdampak buruk/tidak ya...

    ReplyDelete
  35. Sedikit informasi saja. Saya pernah menggunakan xiaomi mi4 lte. Saya liat sensornya lengkap

    ReplyDelete
  36. smartphone sekarang memang memiliki teknologi canggih.. salah satunya sensor ini.. apalagi sekarang banyak sekali smartphone yang memiliki sensor fingerprint.. jadi cukup untuk mengamankan privasi kita... mampir ke blog kami ya sob.. www.androidkuma.com

    ReplyDelete
  37. Min pilih samsung a5 2017 atau zenfone 3 ze520kl

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android