20 Tips Menghemat Baterai Androidmu


Berikut akan saya sajikan 20 Tips menghemat baterai Android, tolong komen ya! Percayakah engkau? Android merupakan smartphone paling boroz  dalam penggunaan baterai. Namun bagaimanapun, ketahanan baterai sangat tergantung bagaimana kita menggunakan smarthphone tersebut. Berikut akan saya berikan tips untuk membuat baterai sedikit lebih tahan lama.


1. Tutup semua aplikasi yang tidak dipakai dengan back key.

aplikasi yang tidak dipakai hanya akan membuat baterai boros kalo perlu uninstall aja aplikasi yang tidak berguna


2. Matikan auto sync yang ada di dalam setting Android

Bila push e-mail tidak diperlukan, matikan fitur auto sync dan lakukan sinkronisasi manual saat dibutuhkan. Caranya, buka Setting > Wireless & Networks > Mobile Networks, lalu hilangkan cek pada “Data Traffic”.


3. Nonaktifkan Bluetooth 

Smatphone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal bluetooth lain  jika kita ingin menntransfer file melaliu bluetooth


4. Nonaktifkan WiFi saat tidak digunakan

Wifi akan banyak menguras baterai smartphone android karena androidmu akan berusaha untuk mencari sinyal wifi dan menjaga agar tetap terhubung dengan wifi.


5. Matikan widget yang tidak diperlukan

Dari sisi tampilan, layar Android bias dibuat se-''wow'' mungkin. Apalagi dengan banyaknya pilihan widget. Matikan widget yang tidak diperlukan untuk menghemat baterai Android. Caranya, buka Settings > Sound & Display, lalu hilangkan cek pada Orientation, dan set Animation jadi “No Animations”. Jangan lupa untuk mempercepat waktu screen timeout dan tingkat pencahayaan layar ponsel.


6. Kurangi kecerahan pada display . 

Sebisa mungkin gunakan kecerahan rendah pada saat tidak memerlukan layar yang terlalu terang. Caranya, buka Setting> Display> Brightness> Turunkan , namun jangan terlalu rendah karena akan menggangu kesahatan mata engkau


7. Download dan install aplikasi Juice Defender dari Android Market

Aplikasi ini menyediakan beragam pilihan setting, mulai dari normal, aggressive, hingga extreme!!!!, untuk menghemat daya baterai engkau


8. Gunakan GPS seperlunya

Gunakan Global Positioning Systema atau yang lebih populer disebut GPS  seperlunya, karena fitur unggulan ini cukup banyak ini menyedot energy. Oleh karena itu, akan lebih baik jika fitur ini di aktifkan pada saat anda membutuhkannya ( saat bepergian keluar kota dll)


9. Jangan pake walpaper animasi

Hindari penggunaan wallpaper dengan animasi 3D karena untuk menggerakkan animasi tersebut memerlukan 2 kali tenaga baterai.  Saya sarankan gunakan wallpaper satis saja atau foto anda atau kalo perlu pake walpaper warna hitam semua


10. Nonaktifkan update otomatis

nonaktifkan update otomatis jejaring sosial seperti Facebook, email atau sejenisnya. Namun, perlu anda ketahui bahwa proses update seperti ini justru akan otomatis tersambung ke jaringan internet dan memerlukan akses sinyal yang bagus, maka hal inilah yang memerlukan tambahan energy baterai yang cukup besa


11. Pilih Screen Timeout yang paling tepat, 

Jika 15 detik terlalu cepat namun 1 menit juga terlalu lama untuk membiarkan layar menyala, maka solusinya  pilihlah 30 detik aja


12. Nge-caslah yang benar

Lakukan prosedur pengisian ulang energy baterai dengan benar. Selagi mengisi baterai jangan sambil bermain.


13. Hilangkan Autorotate

Autorotate hanya akan membuat layar ''kecapean'' karena harus bolak-balik. Kasihan yaa


14. Matikan services yang berjalan di background

Meskipun kita tidak membuka sebuah aplikasi dan menutupnya kembali, kadang masih ada services dari aplikasi tersebut yang masih berjalan dengan tak terlihat. Hal itu membuat daya baterai menjadi cepat habis, karena sebuah services sekecil apa pun membutuhkan konsumsi daya dari baterai. Maka matikan services-services yang tidak dibutuhkan. caranya buka settings > applications > running services tap untuk mematikan services.


15. Mode roaming Nix

Tidak semua orang tinggal di daerah yang mempunyai coverage sempurna. Jika Anda sering bepergian ke daerah yang sinyalnya lemah, kadang-kadang Android Anda akan menuju mode roaming, yang menggunakan daya yang lebih. Jika Anda dapat hidup tanpa email dan update jejaring sosial sementara, non aktifkan fitur di bawah Settings > Wireless Networks > Mobile Networks. Kemudian hapus centang Data Roaming.


16.  Menonaktifkan atau mengubah frekuensi auto sinkron

Aplikasi untuk update di web, seperti email, jejaring sosial, cuaca dan berita akan membuat baterai cepat habis. Pengguna dapat mematikan auto sinkron dan memilih untuk update secara manual: Settings > Accounts & Sync. Hapus tanda centang Background Data untuk menonaktifkan data Google yang otomatis dan hapus centang Auto Sync untuk semua aplikasi lainnya.Jika ini terlalu berlebihan, cobalah menurunkan frekuensi sinkronisasi dari akun pribadi dan aplikasi.


17. Matikan haptic feedback

Haptic feedback kadang-kadang sangat berguna dan menyenangkan, tapi dapat mengurangi daya tahan baterai Android, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengetik. Jika Anda tidak memerlukan fitur ini, matikan getaran untuk keyboard pada layar saja atau semuanya.Untuk mematikan getaran keyboard , lihat di bawah Language & Keyboard di menu Main Settings, dan hapus centang pada Vibrate on Keypress, Vibrate When Typing atau pilihan-pilihan yang serupa. Untuk mematikan haptic sama sekali, di bawah Settings > Sound (atau Sound & Display) > Haptic Feedback.


18. Menghapus Widget

Widget memberikan akses cepat ke player control, informasi status baterai telepon Anda, cuaca atau waktu. Tetapi beberapa widget memerlukan daya yang besar dibanding yang lain, terutama jika tersambung dari web. Gunakan aplikasi battery monitor untuk melihat widget mana yang memakai daya paling besar di telepon Anda dan menghapusnya. Untuk menghapus widget, tekan ke bawah sampai mincul bin di bagian bawah layar kemudian drag dan drop.


19. Istirahat dulu androidmu

Jika baterai android engkau sudah panas, maka hentikan nge-android. Karena android juga manusia butuh istirahat.


20. Jangan membunyikan musik keras - keras

Suara dan musik yang keras akan menguras baterai android dengan fastly



#ini postingan pertama blog ilmu android

41 Responses to "20 Tips Menghemat Baterai Androidmu"

  1. gan keren postingannya tak coba dulu.... btw lengkap bener sampek 20 ^^"
    emang blog keren ini

    ReplyDelete
  2. Hehe, iya gan lengkap, saya kumpulkan dari berbagai sumber trus penambahan dari saya

    ReplyDelete
  3. tambah terus referensinya ;;;

    ReplyDelete
  4. "android juga manusia" haha ngakak XD

    ReplyDelete
  5. Haha dibaca juga, ini postingan jadul lho

    ReplyDelete
  6. Keren banget dah

    ReplyDelete
  7. ajaib bru tau android jga manusia

    ReplyDelete
  8. thanks infonya,
    tapi agak ironi juga ya mengingat banyak aplikasi yang bisa dinikmati namun terkendala oleh daya tahan baterai. ckck.
    semoga kedepan teknologi baterai hp khususnya android menjadi lebih baik. :)

    ReplyDelete
  9. gan, kok androidku pas di buat browsing sulit di kirimi sms ??
    knapa itu gan ??

    ReplyDelete
  10. @ Anonim
    hmm
    @ galih
    iya gan semoga saja
    @ irfan
    mungkin masalah jaringan gan

    ReplyDelete
  11. gan qo android sya cpet penuh memory nya ya pdhal tiap aplikasi yg baru d.download lngsung sya pindah k.SD..
    tlong bantu ya gan

    ReplyDelete
  12. Samsung pocket gan..
    Sekarang malah makin parah aja nih pdhal udh ane hapusin bbrapa aplikasi jdi sdikit..
    Klo dlu sih ga gini gan aplikasi malah bisa 7slide skrng 5 slide aja ga penuh.. aplikasi facebook trutama yg suka ngebengkak kapssitasnya jdi kesel jga ni download 1aplikasi aja "kapasitas memory anda penuh" gtt gan .. Knpa ya apa ada virus ya?

    ReplyDelete
  13. *
    Samsung pocket gan..
    Sekarang malah makin parah aja nih pdhal udh ane hapusin bbrapa aplikasi jdi sdikit..
    Klo dlu sih ga gini gan aplikasi malah bisa 7slide skrng 5 slide aja ga penuh.. aplikasi facebook trutama yg suka ngebengkak kapssitasnya jdi kesel jga ni download 1aplikasi aja "kapasitas memory anda penuh" gtt gan .. Knpa ya apa ada virus ya?Balas

    ReplyDelete
  14. Maksudnya gimana gan pake link2sd tuh?

    ReplyDelete
  15. gan saya mau nnya kok xperia ion saya cuma bisa nemukan RAMnya 600M,padahal di spesifikasinya 1gb

    ReplyDelete
  16. sisa RAMnya (400MB) dipake oleh system
    CMIIW

    ReplyDelete
  17. gan mo tnya nih.....
    knapa ya galaxy mini q d install Go Launcher n Go Locker mainin musik kok jdi trganggu tiap brapa detik mati dnyalain lgi mati lgi...
    knapa y

    ReplyDelete
  18. Klo pakai 2app penghemat bateray sekaligus sperti juice defender & easy bateray saver,itu sama aja atau berbeda gan??

    ReplyDelete
  19. Klo pakai 2app penghemat bateray sekaligus sperti juice defender & easy bateray saver,itu sama aja atau berbeda gan??

    ReplyDelete
  20. Klo pakai 2app penghemat bateray sekaligus sperti juice defender & easy bateray saver,itu sama aja atau berbeda gan??

    ReplyDelete
  21. Klo pakai 2app penghemat bateray sekaligus sperti juice defender & easy bateray saver,itu sama aja atau berbeda gan??

    ReplyDelete
  22. gan,knp kartu smpati di pake face book lola,pi lo untk google,opra mni,n you tobe cpt,pdhal android ics,kuota bnyak,dn memory msh bnyk kosong?

    ReplyDelete
  23. bos galaxy young s5630 apa bisa di instal greenify,caranya ??

    ReplyDelete
  24. makasih infonya boss. cocok buat hape android saya yg masih jadul, yang cepet habis baterenya

    ReplyDelete
  25. Cara menonaktifkan feedback gimana sih??. Aku pake Android smarfren. BalAs ^_~

    ReplyDelete
  26. Gan android ku sebelum di service internet biasa pas dah di service internet jdi muncul jaringan nirkable gimana gan solusi nya trim.s

    ReplyDelete
  27. matikan aja hpnya, ntar juga hemat banget hehehe

    ReplyDelete
  28. Ia kurang lebih seperti di atas gan, sebaiknya matiin aja hal-hal yang gak perlu. Tapi biasnaya google service suka bikin batre kita lebih cepet habis. Perlu diketahui juga google service enggak hanya 1, tapi ada 5 aplikasi yang berjalan bersamaan!

    Nah kalau udah gitu, jadi wajar kan batre si Andro cepet teler, solusinya mending matiin aja google servicenya, lagian enggak selalu terus di pake juga kan?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android