Mediatek Umumkan Chip OctaCore Pertama Di Dunia

Mediatek, Manufaktur Chip asal Negeri Taiwan secara resmi telah mengumumkan processor MTK-MT6592 yang mana merupakan processor octa core pertama di dunia. Sebelumnya Samsung telah mengumumkan chip 8core, Exynos 5 Octa 5410, namun masih belum pantas disebut OctaCore dikarenakan Exynos 5 Octa 5410 terdiri dari 2 processor yakni Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 yang mana kedua processor tersebut tidak bekerja bersama-sama, melainkan berganti-gantian sehingga lebih pantas disebut dounle-quad core.

Processor MT6592 (Octa Core 1.7 Ghz) ini, jika dites menggunakan AnTuTu Benchmark akan menghasilkan score 29.600 poin. Processor Exynos 5 Octa (Quad Core 1.6 Ghz & Quad Core 1.2 GHz) yang ada di Samsung Galaxy S4 menghasilkan score 28.000 poin. Processor Intel Atom Z2580 yang 'hanya' Dual Core bahkan hampir menyamai Exynos 5 Octa dan OctaCore MT6592, dengan score 28.000 poin (ada di Lenovo K900, Dual Core 2 GHz). Sementara itu Score AnTuTu Benchmark tertinggi ada pada Qualcomn Snapdragon 800 (Quad Core 2.2 Ghz) yang ada di Sony Xperia Z Ultra yang menghasilkan score 34.000 poin

Mediatek memang lebih banyak memproduksi chip/processor untuk perangkat kelas menengah-bawah. Mediatek memiliki keunggulan karena harga jual chipnya lebih rendah dari Qualcomm. So, processor MTK (Mediatek) banyak sekali dipakai di ponsel-ponsel android china/lokal. 

Lalu dengan diumumkannya processor MTK octo-core, bagi anda yang ingin membeli ponsel android lokal seperti IMO S89 Discovery,  Smartfren Andromax V, Lenovo A820, Acer Liquid E2 (Keempat ponsel tersebut menggunakan processor Quad Core MTK 6589 1.2 GHz), sebaiknya ditahan dulu, Prediksi saya nih vendor lokal tersebut tak lama lagi akan memproduksi ponsel OctaCore menggunakan chip MTK octocore tersebut. 





4 Responses to "Mediatek Umumkan Chip OctaCore Pertama Di Dunia"

  1. pertamaxxx

    weleeeeh xperia z ULTRA clockspeednya gila 2.2Ghz QuadCore bijimane kalo di overclocking ye hpnya ancur gak???

    ReplyDelete
  2. kalo dioverclocking diatas 3 GHz ya ancur wk

    ReplyDelete
  3. mletus tuh hp d overclock 3ghz..

    ReplyDelete
  4. qualcom tetap juara.. Intel aja di kalahin apalagi cuma mediatek

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android