Mengenal Blackberry 10


Kali ini, ilmu-android akan mencoba untuk membahas tentang OS lainyakni Blackberry OS 10. Perlu kalian ketahui, Blackberry 10 adalah sistem operasi terbaru yang dikeluarkan RIM. OS Blackberry 10 ini akan menggunakan basis QNX.

Fitur Blackberry 10

        1)     Timeline

Timeline adalah salah satu fitur Blackberry 10 yang digunakan pada kamera. Jika seseorang mengambil foto dan ternyata momen yang diinginkan terlewat maka pengguna bisa melihat kedalam tembolok kamera untuk mengambil gambar yang lebih tepat momennya. Contoh jika kita akan memotret seseorang dan orang itu tersenyum lalu cemberut, jika hasil jepretan kita tadi berupa orang itu yang cemberut maka kita bisa mengubahnya menjadi tersenyum. Hal ini menandakan bahwa kamera telah bekerja sebelum tombol jepret ditekan.

       2)     Navigasi Yang Berbeda

OS Blackberry 10 menampilkan homescreen dengan fungsi yang berbeda-beda. Konsep ini disebut dengan “the flow”. Contoh dari navigasi pada os blackberry 10 antara lain :
  •           Gerakan menyapu pada layar                     : Berpindah-pindah aplikasi
  •           Gerakan menyapu jari dari bagian bawah layar ketika membuka aplikasi       : Membuka daftar aplikasi yang telah dibuka sebelumnya
  •           Gerakan menyapu jari ke kiri                       : Melihat notifikasi
  •          Gerakan menyapu jari ke kiri lebih jauh      : Membuka inbox


       3)     Gabungan Inbox

Pada OS Blackberry 10, inbox menampilkan semua jenis komunikasi seperti email, pesan teks, panggilan tak terjawab, dan lain-lain. Fitur ini mirip dengan fitur yang ada pada Smartphone Sony

       4)     Prediksi Huruf Keyboard

Fitur prediksi huruf keyboard terdapat pada perangkat Blackberry 10 yang full touchscreen, Setiap kamu mengetik, fitur ini akan menampilkan huruf lanjutan dalam membentuk kata. Untuk memuat hasil prediksi teks, kamu hanya tinggal menaikkan huruf dari keyoard ke kolom penulisan dengan sapuan jari.

Gadget Blackberry 10

      1)     Blackberry Dev Alpha

Blackberry Dev Alpha merupakan Blackberry yang menganut konsep  full touchscreen. Blackberry ini telah dipamerkan pada Blackberry World 2012 di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Blackberry Dev Alpha ini hanya untuk developer (pengembang aplikasi) yang akan membuat konten di platform Blackberry 10.

      2)     Blackberry Seri L ( London )

Blackberry Seri L merupakan Blackberry dengan layar full touchscreen sama halnya dengan Blackberry Dev Alpha. Menurut N4BB, layar dari blackberry ini bakal mengalahkan layar retina display yang ada pada iPhone 4S. Resolusi layar dari blackberry ini sebesar 768 X 1280 piksel dengan densitas piksel 356 ppi. Kabarnya Blackberry Seri L ini akan dirilis RIM pada awal tahun 2013.

     3)     Blackberry Seri N ( Nevada )

Berbeda dengan Blackberry Seri L dan Dev Alpha, Blackberry Seri N menggunakan keyboard qwerty fisik. Blackberry ini menggunakan layar dengan resolusi 720 x 720 piksel dengan kerapatan piksle sebesar 330 ppi. Blackberry ini tidak menggunakan Trackpad.





9 Responses to "Mengenal Blackberry 10"

  1. Ok gan :D, jadinya beli galaxy note 2,
    iphone 5, apa blackberry london ?
    hehe

    ReplyDelete
  2. Hmm... kalo itu sih saya masih kurang yakin sih gan. Mungkin iPhone 5 , dan niatnya bb saya yg skrg (selama ini saya bb user loh) mau dijual terus uangnya mau ditambahin buat beli BB London. Mungkin bulan puasa nnt saya bisa dapet uang tambahan :D hehehee

    ReplyDelete
  3. wahh harus siap uang banyak nih, Harga bb london sekitar 8,5 juta - 9,5 juta. Mungkin harganya bisa naik ketika dah sampai di indonesia

    ReplyDelete
  4. Iya yah, semoga aja uang tabungan saya dan uang lebaran saya cukup utk menampung itu semua u,u aminn. Makasih ya gan

    ReplyDelete
  5. sayangnya Blackberry 10 belum nyampe ke Indonesia ya gan..

    ReplyDelete
  6. @MThoriqMalano : iya sama2
    @ Nexus 7 Yang Terintegrasi Google Play : iya gan sepertinya masih lama, datangnya awal tahun 2013

    ReplyDelete
  7. BB seri N gak pake trackpad? scroll-nya gimana? touch screen kah?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar :D.
Sebaiknya berkomentar di postingan yang tidak penuh komentarnya
Gunakan Browser Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah situs Ilmu Android